Kudus Optimis Raih Kembali Adipura Kencana

oleh
Foto: Bersih sungai di Kaligelis dan bawah jembatan saat dilakukan oleh Dinas PKPLH dibantu segenap stackholder yang ada. (istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kabupaten Kudus optimis tahun ini meraih kembali penghargaan Adipura Kencana. Penilaian tahap pertama (P1), Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu yang mendapat nilai tertinggi se-Jawa Tengah (Jateng) yakni mencapai 78,85 poin, menjadikannya alasan kuat untuk mendapatkannya kembali.

Hal itu dikatakan Plt Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus, Abdul Halil, Rabu (14-03-2018).

TRENDING :  DLH Berikan Himbauan Kebersihan Keliling Kepada Masyarakat Menggunakan Mobil

Pihaknya juga sedang mempersiapkan untuk penilaian pada tahap ke dua, diantaranya program tiga bulan bebas sampah (TBBS) melalui kegiatan bersih sungai dan pasar.

Halil menjelaskan, Indikator penilaian meliputi kondisi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, bank sampah, lokasi pasar, jalan, hutan kota, sekolah, serta perumahan.

Program tersebut dimulai sejak 21 Februari hingga 21 April mendatang. “Seperti halnya, kerja bakti bersih sampah di aliran sungai, khususnya di bawah jembatan,” terangnya.

TRENDING :  Persiku Maksimalkan Dua Laga Sisa, Wajib Poin Penuh

Untuk mensukseskannya, Ia turut melibatkan berbagai stackholder yang ada, unsur seperti Polri, TNI, Dinas PUPR, PSDA Provinsi, relawan BPBD, Karang Taruna, serta mahasiswa pecinta alam. “Seperti yang kami lakukan, pada Jumat (9-3-2018) lalu, dengan membersihkan Kali Gelis serta Pasar Kliwon,” ujar Halil.

TRENDING :  Bahtsul Masa'il di PP Darul Falah Jekulo Kudus Diikuti Santri se Jawa Madura

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, apalagi dengan mengendarai motor dan membawa sampah yang telah dibungkus di tas plastik, lalu sengaja langsung dibuang ke sungai.

“Kesadaran sampah tanggung jawab bersama, untuk itu, Ayo Bersama-sama jaga lingkungan, kalau tidak sekarang kapan lagi, dan kalau tidak kita siapa lagi.” jelasnya (AJ/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :