Kudus Peroleh Adipura Kirana, Apa Bedanya Dengan Anugerah Adipura Yang Lain

Kudus, isknews.com – Dalam upacara hari Lingkungan Hidup sedunia, wakil presiden Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, menyerahkan 73 penghargaan terkait hari lingkungan hidup se-dunia yang diserahkan di Istana Sri Indrapura, Kabupaten Siak Provinsi Riau. Dan salah satu Kabupaten yang memperoleh penghargaan adalah Kabupaten Kudus yang memperoleh penghargaan Adipura Kirana,  Jum’at (22/7) .

Piala Adipura, demikian masyarakat biasa menyebutnya, namun sesungguhnya penghargaan tersebut tidak berbentuk piala, bentuknya lebih menyerupai trophy, lalu apa bedanya penghargaan Adipura Kirana seperti yang diterima kita dengan penghargaan Adipura yang lain,  Piala Adipura tahun  ini terdiri dari lima katagori, yakni Buwana, Kirana, Karya, Bhakti, dan Paripurna. Lalu apa saja perbedaannya ?

Baca Juga :  Warga Pemilik Lahan TPA Tanjungrejo Tagih Ganti Rugi

Seperti di kutip dalam laman kementrian lingkungan hidup, Adipura Buana adalah anugerah yang diiberikan kepada pemerintah daerah yang menggabungkan unsur sosial dengan ingkungan  untuk membentuk kota yang layak huni yang  tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.

Adipura Kirana, adalah anugerah yang penilaiannya dititikberatkan pada kota yang mampu  mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade,  tourism and investmen yang berbasis pengelolaan  lingkungan hidup. Selain Kabupaten Kudus, inilan Kabupaten/Kota yang lain yang juga menerima anugerah Adipura Kirana, Bandung, Makassar, Malang, Jakarta Pusat, Sidoarjo, Denpasar, Banjarmasin, Cimahi, Jambi, Surakarta, Madiun, Jombang, Pasuruan, Purwokerto, Sukabumi, Magelang, Payakumbuh, Probolinggo, Ambon, Kendari, Semarang, Tangerang, Lamongan, Nganjuk, Pare-Pare, Gorontalo, Palembang, Banjarbaru, Salatiga.

Baca Juga :  " KRESEK " Wadah Kreatifitas Generasi Muda Kudus Kelola Sampah

Adipura Karya, adalah anugerah yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi untuk membentuk produktif city ct. penciptaan lapangan  kerja, pendidikan kesehatan, transportasi masal   ramah lingkungan dan jaringan kerjasama antar daerah.

Adipura Bhakti adalah penghargaan Adipura yang di anugerahkan Walikota/Bupati terbaik yang Progresif, Kolaboratif dan Kreatif.

Adipura Paripurna Merupakan penghargaan bagi kota/kabupaten  dengan capaian minimal dua kategori dari     beberapa kategori yang ada. Adipura Paripurna adalah penghargaan tertinggi terhadap kota/ibu kota yang mampu memberikan kinerja terbaik untuk kedua kategori Adipura yaitu Adipura Kirana dan Adipura Buana. Anugerah ini juga diberikan kepada daerah yang mampu melakukan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan. (YM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?