Kudus Raih “Anugerah Pandu Negeri”

Kudus Raih “Anugerah Pandu Negeri”

Jakarta, ISKNEWS.COM – Prestasi gemilang kembali diukir Kota Kretek. Pemkab Kudus berhasil menyabet penghargaan “Anugerah Pandu Negeri” dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG). Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah (provinsi, kabupaten dan kota ) yang mempunyai kinerja dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Penganugerahan yang bertempat di Financial Hall Gedung CIMB Niaga lantai 2 Jakarta itu, diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus Noor Yasin, Jumat (10/11/2017) kemarin. Atas penghargaan ini, Sekda yang pada kesempatan tersebut hadir mewakili Bupati Kudus, menyampaikan rasa bangganya.

“Penghargaan ini merupakan yang kesekian kalinya dari berbagai macam penghargaan yang kita terima di bawah kepemimpinan Bupati Musthofa. Tentu ini menambah kebanggaan kita bersama,” ujarnya.

TRENDING :  Janur Ketupat Mulai Diburu Warga Kudus

Dia mengungkapkan, seperti dijelaskan mantan Wakil Presiden Boediono selaku Ketua Dewan Penasihat IIPG, merupakan apresiasi terhadap mereka yang bekerja, sekaligus merupakan bentuk dukungan atas sistem yang ada. “Kami ingin agar anugerah ini menjadi sesuatu yang bermakna dalam mendukung reformasi birokrasi kita,” tutur Yasin.

Penilaian dilakukan terhadap kinerja yang meliputi pertumbuhan ekonomi, pengembangan SDM, dan terobosan-terobosan yang dilakukan dengan inovasi, serta aspek governance meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan anti korupsi.

TRENDING :  Kirab Tumpengan Akan Meriahkan Hari Jadi PKL Kudus 

Tak hanya itu, untuk mendapatkan “Anugerah Pandu Negeri” harus melalui tahapan yang cukup rumit dan penilaian ketat. Sebelumnya, penyaringan pertama dilakukan terhadap 34 provinsi, 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia berdasarkan tata kelola keuangan.

Daerah tersebut haruslah mempunyai laporan keuangan dengan status WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dua tahun berturut-turut, serta penetapan APBD yang tepat waktu. “Dari jumlah tersebut terdapat 200 daerah lolos untuk kemudian disaring kembali menjadi 50 daerah,” ubgkapnya.

TRENDING :  Rider Kudus Bersiap Hadapi IDH Seri 3 dan 4 Mendatang

Dan akhirnya, Kudus menjadi salah satu pemkab yg mendapatkan penghargaan khusus untuk pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola baik. Sebagai catatan, IIPG merupakan organisasi nirlaba yang tidak memiliki sponsor. Status tersebut dimaksudkan untuk menjaga obyektifitas atas penilaian yang dilakukan. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post