Kudus Raih Juara 1 Lomba Pokdarwis Tingkat Jateng 2017

Kudus Raih Juara 1 Lomba Pokdarwis Tingkat Jateng 2017

Kudus, isknews.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gelora Panorama asal Desa Loram kulon Kecamatan Jati Kudus telah berhasil meraih juara 1 pada lomba Pokdarwis se Jawa tengah, di obyek wisata kebun teh Pagilaran Kabupaten Batang, Minggu – Selasa (20-22/8/2017) lalu.

Hal itu dikatakan Anis Aminudin, Ketua Paguyuban Desa Wisata Kudus, saat ditemui isknews.com Minggu, (27/8/2017).

“Tahun sebelumnya (2016), pokdarwis Gelora Panorama asal Desa Loram Kulon pernah mengikuti lomba pokdarwis se Jawa tengah yang pada waktu itu berlokasi di ponggok Kabupaten Klaten, Namun pada waktu itu mendapat juara harapan 2,” ujarnya.

Anis menceritakan sebelumnya pada awal Juli 2017, kami mengirimkan berkas lomba yang di ajukan ke Dinas Pariwisata Provinsi Jawa tengah. Diantaranya terkait pengisian formulir, kelembagaan, adanya papan nama, AD-ART, kesekretariatan, kegiatan program kerja dan lainnya.

TRENDING :  Akses Jalan Menuju Air Terjun Kedung Gender Mulai di Bangun

Setelah dilakukan penyeleksian, lanjut Anis, Alhamdulillah dari Kudus yang diwakili pokdarwis Gelora Panorama berhasil masuk 15 besar dari 35 perwakilan kabupaten atau kota se Jawa tengah.

 

Lebih lanjut, sebulan berikutnya (awal agustus) kami mendapat kunjungan dari tim penilai provinsi terkait pembuktian berkas lomba yang sudah dikirim beberapa waktu lalu, “Peninjauan itu sifatnya mendadak tanpa se-pengetahuan kami dan tanpa pemberitahuan sepekan atau beberapa hari sebelumnya,” imbuhnya.

Puncak pada lomba pokdarwis dilaksanakan selama 3 hari di obyek wisata kebun teh Pagilaran Kabupaten Batang, Minggu – Selasa (20-22/8/2017) lalu. “Disana kami menampilkan yang terbaik pada Lomba Yel yel, Pemaparan Deswita, Pameran potensi yang ada di desa masing-masing. Dari kami menampilkan produk unggulan seperti konveksi busana dan tas, bordir, boneka, kuliner bandeng presto, dan prosesi kemanten mubeng khas desa Loram Kulon,” beber Anis.

TRENDING :  Libur panjang Goa Wareh Meningkat Kunjungan wisatanya

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Yuli Kasiyanto, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Wahyuningsih, yang dihubungi isknews.com, Minggu (27/08), mengatakan mengapresiasi atas tercapainya prestasi itu.

Dijelaskan Wahyuningsih, ada beberapa penilaian lomba, diantaranya terdiri dari kelembagaan, administrasi dan kerajinan atau khas dari desa setempat. Namun nilai tertinggi pada kelembagaan dan administrasi. “Dalam pelaksanaan lomba, ada sesion presentasi tentang kelembagaan dan administrasi oleh setiap peserta, di hadapan tim penilai. Dari sisi kelembagaan, kami sebelumnya sudah optimis Kabupaten Kudus meraih juara pertama, dan Alhamdulillah terwujud.” ujarnya

TRENDING :  Pemkab Kudus Kenalkan Sadar Wisata & Sapta Pesona Pada Warga Diwilayah ODTW Colo

Berikut daftar juara pada Apresiasi dan Konvensi lomba Pokdarwis Jawa Tengah, Juara I Pokdarwis Gelora Panorama Kudus, Juara ll Pokdarwis Argo Lestari Purbalingga, Juara lll Pokdarwis Selo Argo Boyolali.

Selanjutnya Harapan | Pokdarwis Sondakan Surakarta, Harapan ll Pokdarwis Lumbung Lestari Kab Pekalongan, Harapan III Pokdarwis Mawar Indah Rembang. Selain itu ada Lomba Display Produk yang Juara | diraih dari Pokdarwis Kab Brebes, Juara Il Pokdarwis Kab Batang, Juara III Pokdarwis Kab Wonogiri.

Wahyuningsih menambahkan, selain penentuan juara tingkat Jateng, dalam lomba Pokdarwis selama tiga hari itu, juga digelar sarasehan budaya dan pameran produk unggulan wisata. “Pameran itu diikuti 35 kabupaten se Provinsi Jawa Tengah.” pungkasnya (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post