Kudus Stok Gula, Beras, Telur & Minyak Aman, Fluktuasi Kenaikan Masih Ditingkat Wajar

Kudus Stok Gula, Beras, Telur & Minyak Aman, Fluktuasi Kenaikan Masih Ditingkat Wajar

Kudus, isknews.com – Menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Perdagangan Kudus telah melakukan sejumlah upaya dalam rangka mengendalikan stabilitas harga kebutuhan Bahan Pokok (Bapok) pada sejumlah komoditas di sehumlah pasar di wilayah Kabupaten Kudus.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Sudiharti saat melakukan paparanya pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka persiapan operasi Ramadniya tahun 2017 di aula Tunggal Panaluan, selasa  (13/6/17)

Disampaikan oleh Sudiharti, Pemerintah tidak menampik akan adanya kenaikan harga menjelang hari raya Idul Fitri namun tingkat fluktuasi kenaikan tersebut diperkirakan masih pada batas ambang kenaikan yang wajar, “Ini lumrah karena mendekati hari raya akan terjadi tingkat permintaan yang tinggi dari konsumen,namun kami juga sudah menempuh berbagai upaya untuk menahan laju kenaikan harga yang ekstrim,” ujarnya.

BACA JUGA :  Sudah Dua Pekan Dikerjakan, Lokasi Baru Pasar Wergu Dipindah Lagi

“Berdasarkan data yang kami himpun  tersebut perkembangan harga bapok di pasar rakyat cenderung naik, terutama untuk beberapa komoditi tertentu seperti, daging sapi/kerbau dan daging ayam kampung, sedangkan kelompok sayuran (cabe dan bawang) harga cenderung fluktuatif dipicu kondisi pasokan barang yang fluktuatif pula.

sedangkan untuk komoditi telur ayam ras dan daging ayam ras harga cenderung stabil. Untuk Harga Gula Pasir stabil dengan harga normal sebesar Rp 12.500,-/kg, hal ini sesuai target Pemerintah (HET )

Persediaan gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu relatif cukup aman untuk memenuhi kebutuhan menghadapi Idul Fitri Tahun tahun ini, baik di gudang pelaku usaha distribusi maupun di Bulog .
Kemudian untuk beras, stock berjalan di tingkat RMU dan pedagang besar, saat ini kondisi persediaan stock beras bergerak ( beras ± 500 ton/hari). Akhir Mei – awal Juni diharapkan panen MT 2 dari luar Kudus bisa menambah stok gabah di gudang RMU.

BACA JUGA :  Kegiatan Bersih Bersih Tempat Dagangan di Simpang Tujuh,Hari Ini Nampak Beda

Sedangkan untuk komoditi lain saat ini pedagang tidak melakukan penyimpanan barang terlalu lama, namun pasokan tiap hari berjalan seperti biasa, mengingat harga komoditi terutama Telur Ayam Ras, cabe dan bawang merah serta bawang putih di pasaran saat ini harganya berfluktuasi tergantung permintaan pasar serta stock yang terbatas.

Kenaikan harga beberapa komoditi berdasarkan pantauan dipengaruhi oleh faktor psikologis menjelang Ramadhan terutama untuk komoditi telur ayam ras, daging ayam ras dan sayur mayur.

Persediaan/stock bapok relatif cukup aman, kecuali komoditi sayur mayur/hortikultura, yang tergantung pada pasokan dan tingkat produksi dari luar Kudus.

Pemerintah melalui Kemendag telah menetapkan HET / Kg untuk Gula Pasir (Rp12.500), daging beku (Rp80.000) dan Minyak Goreng kemasan sederhana (Rp11.000,-).

BACA JUGA :  SK PERANGKAT DESA DAN KEPALA DESA DAPAT DIJADIKAN JAMINAN di BANK JATENG SYARIAH KUDUS

Diakhirinya, “Diharapkan masyarakat lebih teliti dalam melakukan belanja, khususnya untuk komoditi makanan olahan yang beredar di pasaran, agar lebih memperhatikan dan memeriksa tanggal kadaluarsa dan kondisi kemasan sebelum melakukan pembelian,” pungkas Sudiharti. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post