Kudus Wilayah Timur Masih Berpeluang Untuk Usaha Industri

Kudus Wilayah Timur Masih Berpeluang Untuk Usaha Industri

Kudus, isknews.com – Wilayah Kabupaten Kudus bagian timur, masih terbuka untuk usaha industri. Di kedua sisi sepanjang Jalan Raya Kudus – Pati itu, lahan yang tersedia masih cukup untuk didirikan atau dibangun sejumlah pabrik untuk berbagai kegiatan yang bersifat produktif.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Sam’ani Intakoris, melalui Kepala Bidang (Kabid) PR, Sunaryo, yang dihubungi isknews.com, Jumat (03/03), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, daerah yang ditetapkan untuk kawasan industri itu, meliputi empat desa di Kecamatan Jekulo, yakni Desa Klaling, Pladen, Terban dan Desa Gondoarum. “Penetapan sebagai pengembangan kawasan industri itu, tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) No.8 Tahun 2003, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RT-RW) Kabupaten Kudus.”

RT-RW industri di Kabupaten Kudus itu, ungkapnya lanjut, tercantum dalam pasal 29 Perda No.8 Tahun 2003, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), yang menjelaskan, bagian pertama, kawasan peruntukan industri sebagaimana tercantum dalam pasal 25 ayat (3) huruf c, meliputi Desa Pladen, Terban dan Gondoarum , Kecamatan Jekulo, untuk Kabupaten Kudus wilayah timur. Sedangkan untuk Kabupaten Kudus wilayah barat, meliputi Desa Papringan Sidorekso di Kecamatan Kaliwungu.

Bagian kedua, untuk kegiatan industri yang berada di luar kawasan peruntukan industri, sebagaimana dimaksud ayat (1), dapat mengembangkan atau melakukan perluasan dengan ketentuan, merupakan industri non polutan, tidak menggunakan tanah pertanian subur dan beririgasi teknis. Selanjutnya untuk bagian ketiga,: untuk kegiatan industri kecil, dapat dikembangkan di seluruh wilayah, sepanjang tidak mengganggu lingkungan dan fungsi utama kawasan tersebut. (Perda No.8 Tahun 2003 tentang RTRW Kabupaten Kudus).”Sesuai ketentuan, batas bangunan pabrik dengan garis sempadan jalan, minimal 500 meter.”

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*