Kuliner Khas Imlek Simbol Keberuntungan

oleh
Imlek
Foto: Ilustrasi. (Muharror Ahmad/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COMPerayaan Imlek merupakan momen terpenting bagi warga etnik Tionghoa. Pasalnya, dalam momen pergantian tahun tersebut, menjadi sebuah harapan baru untuk dapat menjalankan kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Dalam perayaan Imlek tidak terlepas dari simbol dan mitos yang begitu melekat dalam kehidupan etnik Cina. Adapun simbol dan mitos tersebut, tercermin dalam makanan khas perayaan tahun baru Imlek.

Pada perayaan Imlek seringkali dihabiskan bersama keluarga. Hidangan khas Imlek seperti ikan bandeng, buah jeruk, kue lapis legit dan pisang raja menjadi pelengkap kebahagiaan di momen spesial ini.

TRENDING :  Pola Konsumsi Obat di Bulan Puasa

Keberadaan makanan tersebut dalam momen Imlek, sarat akan filosofi yang mendalam bagi kehidupan. Seperti buah jeruk mandarin yang memiliki filosofi sebagai sebuah keberuntungan.

“Bentuk bulat dari buah jeruk melambangkan persaudaraan yang kuat dan menyatu. Selain itu, dalam perayaan imlek sering dijumpai kue lapis legit yang menggambarkan anugerah rezeki yang berlapis-lapis,” kata Melani (39) pemilik Toko Roti Pandjunan, Kelurahan Panjunan, Kecamatan/Kabupaten Kudus, Rabu (14-02-2018).

TRENDING :  Jalan Sehat Ramaikan HUT ke-73 PGRI dan HGN Kecamatan Bae

Bagi warga yang merayakan, adapula yang memberikan kuliner Pindang Serani Bandeng kepada orang yang lebih tua. Hal ini dikarenakan, ikan bandeng merupakan makanan sakral dan dipercaya sebagai pembawa berkah. Sehingga, semakin besar ikan bandeng yang dihidangkan semakin besar pula berkah yang didapat.

Ditemui di tempat yang sama, Trisnawati (65) mengungkapkan, bahwa dalam perayaan imlek biasanya disajikan pisang raja yang merupakan simbol persembahan rasa syukur kepada dewa-dewa.

TRENDING :  BPBD Kabupaten Kudus Adakan Penyuluhan Dan Sosialisasi Desa Tangguh Bencana

“Ada juga kolang kaling memiliki makna agar manusia selalu berpikiran jernih dalam menjalani kehidupan,” ujarnya.

Dari semua makanan yang disajikan dalam peringatan tahun baru Imlek, memiliki makna mendalam akan sebuah pengharapan atas limpahan rezeki atau keberuntungan di tahun yang akan datang. (NNC/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :