Kurang Dari 24 Jam, Polsek Jati Bekuk Pelaku Pencurian di Rumah Kos

oleh
Kurang Dari 24 Jam, Polsek Jati Bekuk Pelaku Pencurian di Rumah Kos
Foto: Polsek Jati berhasil meringkus pelaku pencurian di rumah kos di Desa Ploso, Kecamatan Jati. (Istimewa).

Kudus, ISKNEWS.COM – Aksi pencurian kembali terjadi di Kudus dalam pekan ini. Setelah sebelumnya terjadi pencurian di pondok pesantresn Mizro’atul Ulum, Desa Damaran, Kecamatan Kota. Kini Pencurian terjadi di rumah kos Desa Ploso, Kecamatan Jati, Jumat (01/06/2018) siang.

Tak butuh waktu lama, kurang dari 24 jam Unit Reskrim Polsek Jati berhasil meringkus pelaku di kediamannya. “Pelaku berinisial DBC (27) merupakan warga Kecamatan Mejobo,” kata Kapolsek Jati AKP Bambang Sutaryo.

TRENDING :  Yayat Resmi Ditunjuk Kembali Jadi Arsitek Persiku

Bambang mengungkapkan, pelaku melakukan aksinya dengan cara mencongkel gembok pintu kamar kos menggunakan sebuah paku. DBC berhasil menggasak tiga ponsel, tas wanita merek GG, dan beberapa pakaian. Total kerugian ditaksir Rp 3.920.000.

Diceritakan, awalnya pihaknya mendapat laporan telah terjadi aksi pencurian di rumah kos milik Suryaman di Desa Ploso. Dari situ petugas bergerak cepat dengan mengumpulkan keterangan para saksi dan korban.

Akibat perbuatannya tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

TRENDING :  Karang Taruna Jati Wetan Belajar Pengelolaan Sampah ke KT Tunjung Seto Bae Kudus

Terkait peningkatan aksi kejahatan menjelang lebaran, bambang mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaanya. Terutama jika mengunjungi tempat keramaian agar selalu menjaga barang bawaan.

Pihaknya juga menyiapkan personel untuk berjaga di tempat yang menjadi titik pusat masyarakat, seperti Pasar Bitingan dan Hypermart ataupun tempat lainnya. “Kita siagakan personel di beberapa tempat untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan,” imbuhnya.

Bambang juga berpesan, ketika masyarakat meninggalkan rumah agar tidak lupa mengunci pintu atau mengamankan barang berharga lainnya. Sebab kondisi rumah yang sepi memberikan peluang pencuri beraksi.

TRENDING :  Mangsa Ternak Warga Hadipolo Jekulo Kudus, Ular Piton Berhasil Ditangkap

Dia juga akan mengoptimalkan patroli tiap jam rawan untuk mempersempit para pelaku kejahatan. “Terutama kita mewaspadai setelah THR keluar, biasanya banyak yang membelanjakan uangnya untuk kebutuhan lebaran. Hal itu yang sering kali menjadi lahan empuk bagi para pelaku kejahatan,” pungkasnya. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :