Kwarcab Kudus Laksanakan Raimuna Cabang di Buper Ronggokusumo Klaling Jekulo

Kudus, isknews.com – Sebanyak 25 sekolah anggota pramuka Penegak se-Kabupaten Kudus yang terdiri dari 21 sangga putra dan 21 sangga putri mengikuti acara Raimuna cabang Kabupaten Kudus 2016 di Bumi Perkemahan (Buper) Ronggokusumo, Klaling, Jekulo dari tanggal 16 hingga 20 Desember 2016. Hal ini terungkap pada acara pembukaan Raimuna Cabang Kudus di Bumper Ronggokusumo Sabtu (17/12/2016).

Raimuna tahun ini diikuti Pramuka Penegak yang merupakan gabungan dari kegiatan Perpanitra ( Pertemuan Pramuka penegak Putra-Putri), Peran Saka ( Perkemahan Antar Satuan Karya), dan Perkemahan Wirakarya. Sehingga Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif, dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

Upacara pembukaan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kudus 2016 yang disingkat dengan Raicab Kudus 2016 dihadiri oleh perwakilan SKPD dan Forkopinda di lingkungan Kabupaten Kudus, Kamabiran dan Kakwarran, para bendesa dan kepala desa beserta lingkungan di Desa Klaling Jekulo Kudus.

Raicab Kudus 2016 di buka oleh Kakak Drs. H. Sudjatmiko, M.Pd selaku ketua kwarcab Kudus, dalam sambutannya beliau mengatakan Raicab Kudus 2016 merupakan ajang kreasi bagi Pramuka Penegak dimana mereka akan bisa memunculkan hasil karya yang nantinya akan bermanfaat terhadap masyarakat sekitar. Para peserta  juga dituntut agar bisa bekerja sama serta bertukar wawasan sehingga nantinya mereka akan bisa menjadi Pembina bagi rekan rekannya baik disekolah maupun dimasyarakat.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Ahmad Husaini mengatakan, “Kegiatan pertemuan Pramuka Penegak yang berlangsung dari tanggal 16-20 Desember 2016 ini mengusung tema “Berbudaya, Bersaudara, Peduli Lingkungan”. Dimulai dihati jum’at (16/12/2016), diantaranya ada registrasi, pendirian tenda, LCTP, Pengenalan Pramuka, dan juga jumpa tokoh pramuka. Husain menambahkan, “Terdapat berbagai lomba, 6 Giat Prestasi meliputi tertib administrasi, K3 Perkemahan, Lomba Cerdas tangkap pramuka (LCTP), Gebyar Raimuna, Sangga tergiat, dan Ketropak humor, selain Giat Prestasi tersbeut, juga ada 12 Giat wawasan, 6 Giat Ketrampilan, 6 Giat Bakti dan 6 Giat persaudaraan, giat umum.”ujarnya

Terdapat 6 kegiatan pokok dalam Raimuna Cabang Kudus 2016, antara lain pertama pembinaan mental dan spiritual, Kedua kemantapan Jasmani, ketiga Wawasan Kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, keempat persaudaraan dan persahabatan, kelima peningkatan keterampilan , dan keenam Aksi Kepedulian Terhadap Masyaraka,” ungkap Penanggung jawab teknis dan juga ketua adat pada kegiatan tersebut.

Rangkaian upacara pembukaan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kudus 2016 ini ditutup dengan peninjauan para undangan ke areal perkemahan yang telah ditata sedemikian rupa oleh para peserta kemah. (AS)

Facebook Comments