Lada Perdu Potensial Di Kembangkan Di Kudus

by
Komoditas Lada Perdu coba di kembangkan di wilayah Kudus

Kudus, isknews.com – Budidaya Tanaman lada (merica) jenis perdu dan peluang pasarnya mencoba di kembangkan di Kudus, paska kunjungan program  kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Purbalingga bebrapa waktu lalu.

OPD dibawah pimpinan Catur Sulistyanto S.Sos, MM, ini memaksimalkan waktu  mendapatkan manfaat positif yang bisa dikembangkan di Kudus terutama terkait dengan komoditas unggulan Kabupaten Purbalingga dari sector perkebunan, diantaranya adalah tanaman lada perdu.

Lada perdu merupakan tanaman rempah yang sedang in dibudidayakan petani di wilayah Banyumas khususnya Purbalingga.

TRENDING :  'Ndaut' Menjadi Pemandangan, Yang Menarik Di Musim Awal Tanam Padi

Umumnya budidaya lada di Purbalingga dilakukan dengan sistem tanam tanpa tiang panjat atau lebih dikenal dengan lada perdu yang dapat berproduksi pada umur 1 tahun (mengikuti musim berbuah lada).

TRENDING :  Produksi Meningkat, Kopi Muria Incar Pangsa Pasar Global

Pengembangan lada perdu lebih menguntungkan dibandingkan dengan lada biasa (lada panjat), karena lada perdu memiliki beberapa kelebihan atau keuntungan teknis semisal tidak memerlukan tiang penegak.

TRENDING :  Babinsa Kodim 0722/Kudus Dilatih Operasikan Peralatan Pertanian Moderen

Lada jenis ini berumur genjah, mampu berbuah setelah satu tahun ditanam di kebun/pot sehingga pemeliharaan dan pemungutan hasil lebih mudah.

KOMENTAR SEDULUR ISK :