Laju Inflasi Kudus Di Bulan Mei Capai 0,14 Persen

by
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Lalu inflasi di Kudus pada Mei 2018 ini mencapai 0,14% dengan Harga Indeks Konsumen (IHK) 139,11 lebih tinggi dibandingkan bulan April yang mengalami inflasi sebesar 0,01% dengan IHK 138,91.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor BPS Kudus, Sapto Harjuli Wahyu, dalam rilis dikantornya Selasa 5 Juni 2018. Kata Sapto, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks beberapa kelompok peneluaran, yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 1,46%.

Kemudian lanjut Sapto, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,15%, lalu kelompok sandang 0,08% dan kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan 0,08%. Sementara lanjut dia, kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0,84%.

TRENDING :  Fluktuasi Harga Komoditas Batu Bata Jadi Salah Satu Pemicu Utama Inflasi Di Kudus Bulan Maret 2016

Yang cukup menarik lanjut Sapto, komoditas yang memberikan andil terbesar terhadap terjadinya inflasi adalah nasi dengan lauk, telur ayam ras, soto, teh manis dan pecel. Sementara untuk komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terjadinya deflasi adalah bawang putih, cabai rawit, beras, nangka muda dan cabe merah.

TRENDING :  Penerimaan Pajak Daerah Semester I di Kudus Belum Penuhi Target

KOMENTAR SEDULUR ISK :