Lakukan Senam Ibu Hamil Secara Mandiri dan Rasakan Sejuta Manfaatnya

by
Foto: Kegiatan senam ibu hamil Puskesmas Wergu Wetan, Sabtu (05-05-2018). (Istimewa/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Pada masa kehamilan akhir atau trimester 3, seorang ibu hamil akan merasakan beberapa gejala seperti bengkak kaki, nyeri, keram dan besarnya kandungan kerap membuat ibu hamil merasa malas bergerak. Dari malas bergerak inilah yang kemudian membuat ibu hamil merasa lemas.

Menurut Koordinator Puskesmas Wergu Wetan, Dwi Ira Yusi Proboningrum, seorang ibu hamil memang dilarang terlalu banyak bergerak dan beraktivitas berat, karena ditakutkan jika terjadi kontraksi kehamilan yang dapat membahayakan ibu dan janin. Namun, prilaku malas bergerak juga tidak dibenarkan, lantaran prilaku tersebut dapat mengakibatkan badan terasa lemas dan kaku pada otot.

TRENDING :  Keliling Daerah Anggota MPR/DPR-RI Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

“Sehingga pada akhir masa kehamilan, ibu hamil masih diperbolehkan untuk melakukan aktivitas dan olahraga ringan. Hal ini bertujuan untuk melatih badan ibu hamil supaya tetap bugar dan melancarkan proses persalinan,” kata Ira, sapaan akrabnya, Sabtu (05-05-2018).

Dikatakan Ira, cara yang paling efektif adalah dengan melakukan senam ibu hamil. Senam tersebut bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah timbulnya gejala-gejala yang mengganggu selama masa kehamilan seperti sakit punggung, dan bengkak kaki. Sekaligus untuk mengurangi ketegangan otot-otot sendi sehingga mempermudah proses kelahiran.

TRENDING :  Cuaca Panas Berdebu Waspadai Berjangkitnya Penyakit Menular
KOMENTAR SEDULUR ISK :