Lalui Keluarga, Tingkatkan Kualitas Kesehatan

by
isknews

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Lingkungan keluarga memberikan dasar seseorang membiasakan hidup bersih dan sehat. Bahkan Kementrian kesehatan telah mengeluarkan Peraturan terkait Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Rembang H.Abdul Hafidz saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek dalam upacara HKN ke-53 di halaman kantor Bupati Rembang, Senin (13/11/2017) pagi.

Sesuai Permenkes Nomor 43 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan ada 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan oleh Pemkab ataupun Pemkot. Delapan indikator keluarga sehat terkait dengan indikator SPM dan empat indikator saja yang tidak terkait dengan SPM seperti merokok, jamban sehat, akses air bersih dan anggota JKN.

TRENDING :  Resahkan Warga Tumpukan Ban Bekas Jadi Kontainer Sarang Nyamuk DBD

Bupati menjelaskan, selain pendekatan keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Dengan Germas dan pendekatan keluarga kementrian kesehatan mendorong kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat  sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

TRENDING :  Kepala Cabang BPJS-Kesehatan Kudus, “ BPJS-Kesehatan Tidak Haram Dan Tidak Riba”.

KOMENTAR SEDULUR ISK :