Lancar Uji Coba Moda Wisata di Kawasan Menara Kudus Diteruskan

Lancar Uji Coba Moda Wisata di Kawasan Menara Kudus Diteruskan

Kudus, isknews.com – Uji coba rekayasa lalu lintas model angkutan (moda) wisata di kawasan Masjid Menara Kudus, pada Kamis (12/10), dinilai lancar. Pemberlakuan lalu lintas satu arah pada ruas Jalan Menara dari arah selatan ke utara khusus bagi becak wisata dan ojek wisata, berjalan lancar dan tertib. Terkait hal itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, akan meneruskan uji coba tersebut pada hari ini dan seterusnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, Putut Sri Kuncoro, yang dihubungi isknews.com, Jumat (13/10), membenarkan hal itu. Menurut dia, berdasarkan laporan dari petugas Dishub yang diterjunkan di lapangan, uji coba yang dilaksanakan satu hari penuh itu berjalan lancar. “Petugas kami memantau uji coba sampai sekitar pukul 21:00, semuanya, baik becak mau pun ojek wisata, mematuhi jalan satu arah, sehingga berjalan lancar dan tertib.”

Karena itulah, lanjutnya, uji coba pengaturan lalu lintas di Kawasan Masjid Menara itu akan diteruskan. Mengenai lamanya uji coba, tidak ada batas waktu, sampai lalu lintas moda wisata di Kawasan Menara benar-benar tertib. Baik untuk becak wisata yang beroperasi mulai pukul 05:00 – 16:00, serta ojek wisata yang beroperasi mulai pukul 17:00 – 04:00 dini hari. “Harapannya, hal itu akan mendatangkan kenyamanan dan keamanan bagi para peziarah yang menggunakan moda wisata, selain peziarah bisa turun di depan Masjid Menara, juga tidak terjadi kemacetan di Jalan Menara saat masih diberlakukan dua arah.”

Seperti diberitakan di isknews.com, jalan di sekitar Masjid Menara Kudus yang sudah selesai dipasang granit, langsung ditindak lanjuti oleh Dishub Kabupaten Kudus. Langkah yang dilakukan adalah uji coba rekayasa lalu lintas khususnya model angkutan (moda) wisata becak dan ojek yang melewati Jalan Menara Kudus, dibuat satu arah dari selatan ke utara. Uji coba itu dimulai Kamis (12/10).
Karena baru uji coba, Dishub perlu menurunkan sejumlah petugas, tujuannya selain menertibkan juga memberikan sosialisasi uji coba, baik kepada pengemudi becak dan pengojek, juga warga masyarakat yang biasa melintas di jalan kawasan Masjid Menara Kudus. Jumlah petugas DLLAJ yang diturunkan sebanyak 10 personil setiap hari, dibagi tiga shift, pagi pukul 07:00 – 15 :00 dan sore pukul 15:00 – 21:00. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Diduga Arus Pendek Listrik, Sebuah Rumah Hangus Terbakar

Share This Post