Latihan Dasar Kepemimpinan, Siapkan Pemuda Menjadi Pemimpin Masa Depan

Latihan Dasar Kepemimpinan, Siapkan Pemuda Menjadi Pemimpin Masa Depan

Kudus, isknews.com – Para pemuda sejatinya mempunyai kesempatan yang sangat besar untuk membentuk kepemimpinannya sebagai bekal nanti menggantikan estafet kepemimpinan negeri ini. Dengan pengabdian kepada masyarakat diantaranya bergerak di lembaga-lembaga kemasyarakatan, mengawal kebijakan pemerintah saat ini dengan turut berperan membantu pemerintah di lini masyarakat, dan juga terjun dalam pergerakan-pergerakan sosial untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka untuk menumbuhkan bibit kepemimpinan itulah, telah digelar Latihan Dasar Kepemimpinan yang belum lama ini dilakukan oleh pelajar Madrasah Aliyah Al Ahrom Demak Karangsari Karangtengah Demak di Graha Muria Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, Sabtu (7/10/17).

TRENDING :  Ormas di Jepara Dukung Pembubaran HTI

Menurut ketua panitia Purna Adi S.Pd, LDK yang diikuti sekitar 75 siswa itu mengundang pemateri yang berkompeten dibidangnya, diantaranya Peraturan baris berbaris dan Tata Upacara Sekolah.

Dijelaskannya, LDK atau latihan dasar kepemimpinan merupakan salah satu cara menjaring bakat dan minat pengurus OSIS disebuah sekolah. Tujuan latihan dasar kepemimpinan ini adalah membangun kepemimpinan dan organisasi yang efektif, efisien yang membawa perubahan positif dilingkungan intra sekolah.

Mengutip kata-kata Presiden Pertama Indonesia berbunyi berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku seorang pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Pemuda dengan jiwa pemimpin sejak awal mengambil peran dalam membantu pencapaian kebijakan pemerintah, membawa perubahan yang berarti di tengah-tengah masyarakat. “Semangat pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan berwawasan yang luas adalah kunci pembangunan suatu bangsa,” ujarnya

TRENDING :  Bantal Guling Kemerdekaan Digandrungi Pasar Luar Jawa

Hadir dalam kegiatan LDK tersebut diantaranya Pelda Kasmono (Mewakili Danramil 07/Dawe), Bripka Eling(Mewakili Kapolsek Dawe), Fauzi S.Pd.I ( Kepsek MA Al Ahrom ), Ahmad Mubarok S.Pd (Waka kesiswaan), terakhir Guru dan Siswa siswi MA Al Ahrom.

Mewakili Danramil 07/Dawe, pesan pelda Kasmono kepada peserta LDK sebelum melaksanakan materi PBB antara lain, pertama, Maksud dan tujuan PBB adalah menanamkan jiwa disiplin dan melatih fisik dan mental sekaligus menjaga badan bisa tegap dan bersikap tanggung jawab.

TRENDING :  SD 3 Singocandi Kudus Gunakan Rumah Dinas Guru Untuk Kantor Kepala Sekolah

Kedua, dalam PBB harus fokus jangan melamun selalu semangat jangan latihan asal asalan dan laksanakan sesuai aturan yang benar. Lalu ketiga, Kita diharapkan dapat berdiri dengan situasi dan kondisi phisikoligis apapun untuk penanaman jiwa nasionalisme serta patriotisme demi pemantapan diri.

“Saya berpesan kepada adik adikku agar menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita agar suasana terasa indah dan nyaman sekaligus membiasakan diri disiplin dan sadar lingkungan,” pungkasnya (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post