Launching revitalisasi Pasar Lelang Jawa Tengah

Launching revitalisasi Pasar Lelang Jawa Tengah

ISK-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah (Disperindag), Kamis 27/11 mengadakan Launching revitalisasi Pasar Lelang Komoditas Agro (PLKA) pada 2015 bertempat di Quest hotel Jalan Palampitan, Semarang 37-39. Tujuan adanya acara ini, ialah untuk  memberikan kemudahan kepada petani dan pengusaha dalam memasarkan produknya.

Bappebti, Sutriono Edi, menuturkan bila PLKA sudah direvitalisasi maka pengelolanya akan diserahkan kepada pihak swasta. Adapun pemerintah nantinya hanya bertindak sebagai fasilitator untuk melakukan pembinaan. ”Selama ini dari pemerintah, tapi sekarang dari swasta karena Provinsi  Jawa Tengah merupakan satu satunya koperasi pelopor utama di Indonesia,”Ujar Sutriono Edi

TRENDING :  Gubernur Pantau Terus Lonjakan Harga Di Bulan Ramadhan

Dia berharap wadah ini menjadi alternatif pemasaran yang menguntungkan bagi petani dan produsen komoditas unggulan selaku penjual, serta pelaku usaha dan kalangan industri sebagai pembeli. ”Karena pada tahun 2015 akan dihadapkan pasar bebas, maka sistem pasar lelang menjadi sangat penting. Salah satunya diharapkan SRG (Sistem Resi Gudang) bisa ikut aktif  dalam memajukan sektor pertanian,”Imbuhnya.

TRENDING :  Komunitas Pecinta Alam Muria Adakan Bersih-Bersih Air Terjun Monthel

Sundono, Koperasi Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa untuk memajukan perekonomian perlu adanya sinergi yang sama dan duduk bersama dalam memecahkan masalah yang ada. ”Kedua dengan berjalannya SRG, pihak Bank akan siap memfasilitasi bagi petani yang menyimpan komoditi di gudang dan ketika keluar resi (Surat berharga) akan mendapatkan pinjaman dengan bunga 6% per tahun,”Ungkap Sundono. Selanjutnya dari Bappebti menyerahkan SK kepada Koperasi sebagai bentuk awal komitmen dalam melaksanakan PLKA.

TRENDING :  Ganjar, "Pokoke Tak Tunggoni" Soal Renovasi Pasar Johar
Kiriman: Udin Qudsi
@Rya      
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post