Legenda Asal-Usul Nama Dukuh Rendole

by
Pintu Gerbang Mojopahit yang berada di Desa Muktiharjo, Kecamatan Tlogowungu, Pati. (Foto: Istimewa)

Pati, Isknews.com – Jika mendengar Nama Dukuh Rendole Desa Muktiharjo Kecamatan Margrejo, Pati. Tak luput dari sejarah pintu gerbang Majapahit yang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah paling direkomendasikan di Pati.

Karena, jika berbicara tentang pintu gerbang Majapahit, kita akan disuguhkan sebuah seni peradaban yang tinggi, sejarah Nusantara yang kisahnya perlu menjadi teladan.

TRENDING :  Dishub Kudus Peringatkan Juru Parkir Dhandhangan Jangan "Nengkik"

Pasalnya, Pintu kerajaan yang pernah menjadi pusat peradaban Nusantara mulai dari Raden Wijaya hingga Prabu Brawijaya V Majapahit sendiri mengalami kejatuhan setelah kerajaan Islam berdiri di Demak dengan dukungan para walisongo.

Tepat di depan pintu gerbang Majapahit ada bendera merah putih yang menjadi simbol dan lambang bahwa pintu gerbang Majapahit adalah warisan budaya Nusantara yang perlu dijaga.

Sejarah singkat asal-usul Dukuh Dolle atau Rendole Menurut Mbah Sarni alias Mandor, tokoh tua di Desa tersebut, bermula setelah pertikaian hebat sesama murid seperguruan Sunan Ngerang Antara Adipati Jepuro Cokro Joyo dengan Maling Kopo dan adiknya Maling Kentiri.

TRENDING :  Rumah Kosong Setitik Ruang Bagi Sastrawan

Setelah Coro Joyo berhasil membunuh Maling Kopo dan adiknya Maling Kentiri, serta mengambil kembali Roroyono Istri Sunan Muria (Said Kusumastuti) dari tangan mereka.

KOMENTAR SEDULUR ISK :