Lestarikan Kearifan Lokal, PKKP Data Sejarah Kuliner Pati

oleh -1,009 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Sebuah peradaban budaya di suatu daerah, tidak sekonyong-konyong terjadi begitu saja. Sejarah itu, melalui proses panjang dan diwariskan secara turun-temurun, tanpa terkecuali kuliner sebagai salah satu produk budaya.

Sadar akan hal itu, sekelompok putra Bumi Mina Tani tergabung dalam wadah Paguyuban Kuliner Kabupaten Pati (PKKP). Meski masih seumur jagung, mereka dengan getol melakukan pendataan kekayaan kuliner di Kabupaten Pati, serta sejarah panjang yang menyertainya.

“Kebetulan anggota kami tidak hanya didominasi para pengusaha kuliner saja, tetapi lintas profesi mulai dari ASN, pecinta kuliner bahkan jurnalis. Kami juga sering melangsungkan sosialisasi kepada anggota kami, agar selalu berinovasi di dunia kuliner,” papar Ketua PKKP, Noer Kholis, Senin (11/09/2017) siang.

Bahkan untuk mendeklarasikan eksistensinya, lanjut dia, dalam waktu dekat wadah tersebut bakal menghelat Festival Kuliner Kabupaten Pati. Sehingga, dengan semangat berbagi mereka secara masif menggelar grebek kuliner kepada anggotanya.

“Kami berencana mengadakan festival kuliner di Kabupaten Pati, yang akan diikuti oleh para anggota kami. Maka dari itu, kami menggalakkan program grebek kuliner,” tuturnya.

Meski baru berdiri, dikatakannya, dengan diadakannya silaturahmi dalam bentuk grebek kuliner itu, semakin mempererat hubungan antar anggota PKKP. Juga, sebagai langkah pertama untuk mendata jenis kuliner di Pati.

“Festival kuliner ini, nantinya akan menjadi sarana untuk memperkenalkan produk kuliner sekaligus sebagai tempat tukar informasi, serta silaturahmi antar pegiat kuliner tentunya,” jelas Kholis. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :