Lewat Kegiatan Outbond Kodim Pati 0718 Pati, Bentuk Karekter Sakaqirakartika

oleh -990 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Kodim 0718 Pati menyelenggarakan kegiatan outbound kepada siswa yang tergabung Pramuka Saka Wira Kartika. Kegiatan dipimpin langsung oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten Arh Sumaryono beserta seluruh Stafter dan Koramil Trangkil. Yang diikuti oleh seluruh anggota Saka Wira Kartika, kegiatan dilaksanakan di halaman Koramil Trangkil, Minggu (11/6).

Kapten Arh Sumaryono dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi outbound yang dilaksanakan hari ini, sebagai realisasi perintah Komando atas. Kegiatan agar dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kotama sampai tingkat Kodim dan Koramil. Pengenalan outbound bertujuan untuk menjalin kekompakan antar anggota Saka Wira Kartika. Agar dalam kegiatan sehari-hari anggota dapat mengaplikasikan dilapangan, dengan tidak meninggalkan faktor komunikasi, dedikasi dan rasa tanggung jawab. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka pembinaan sumber daya manusia terhadap generasi muda untuk membentuk generasi yang berkarakter, berdedikasi tinggi, disiplin dan cinta tanah air guna terciptanya kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara melalui pembinaan gerakan Pramuka.

Kegiatan Pramuka Saka Wirakartika merupakan wadah penyaluran minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan kemampuan, pengetahuan, ketrampilan dalam berbagai bidang kejuruan, ilmu pengetahuan dan tehnologi serta pembangunan inovasi untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga menjadi bekal bagi kehidupan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional. Ini sesuai dengan tugas TNI dalam rangka menyiapkan system pertahanan rakyat semesta.

Kegiatan dilapangan di pandu oleh Serma Teguh, yang sudah mendapat penjelasan di Makodam tentang outbond yang aman. Permainan yang disuguhkan ada 6 materi yaitu, Buldoser, Permadani terbang, Hola Hop, Water Estafet, Tongkat estafet dan Bola Tali. Diharapkan dengan permainan yang disuguhkan tidak hanya semata bermain, akan tetapi terkandung maksud, agar sipelaku dalam kegiatan sehari-hari dan dalam berorganisasi harus mempunyai rasa tanggung jawab. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya kerjasama, kordinasi dan komunikasi yang baik, tandas Tatang.

Sasaran dari kegiatan ini adalah terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila, tumbuh kembangnya generasi muda sebagai warga Negara Indonesia yang berkarakter, terbentuknya fisik dan mental serta kepribadian yang tangguh dikalangan generasi muda menghadapi berbagai pengaruh yang negative, terwujudnya generasi yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat serta terwujudnya generasi muda yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran Bela Negara. Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan buka bersama sebagai bentuk kebersamaan dan rasa sukur. Meskipun kegiatan dilaksanakan dalam bulan Puasa Pembina dan Siswa tetap bersemangat. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.