Liburan Berbeda dan Seru Ke Museum Situs Patiayam

by
Liburan Berbeda dan Seru Ke Museum Situs Patiayam ISKNEWS.COM
Foto: Museum Purbakala Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Selasa (12-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Museum Purbakala Patiayam yang terletak di desa Terban, kecamatan Jekulo ini, menjadi alternatif liburan yang berbeda dan seru bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya. Di tempat ini, masyarakat bisa bereduwisata fosil, adat dan kebudayaan orang terdahulu.

Situs purbakala ini tidak kalah dengan Situs Sangiran, Trinil, Mojokerto dan Nganjuk. Keunikan dari situs Patiayam terletak pada fosil-fosilnya yang nyaris utuh. Dengan begitu, wisatawan dapat melihat gambaran utuh kehidupan, adat dan budaya di tempat ini pada zaman dahulu.

Penjaga Situs Patiayam, Taqim, mengungkapkan bahwa temuan fosil-fosil di wilayahnya terbilang utuh yakni berkisar antara 70-80%. Hal ini dikarenakan ada penimbunan abu vulkanik halus yang membuat proses fosilisasi berlangsung baik. Selain itu, disekitar wilayah tersebut tidak ditemukan sungai besar. Sehingga fosil-fosil ini tidak berpindah lokasi karena adanya erosi.

TRENDING :  Dishub Tak Bisa Eksekusi Gembok Roda Kendaraan, Ini Sebabnya

Buka pada pukul 07.00 – 17.00 WIB, destinasi wisata di sebelah timur Kabupaten Kudus ini, cukup ramai didatangi wisatawan lokal maupun manca negara. Berdasarkan hasil catatan kunjungan di Situs Patiayam, setiap bulannya ada sekitar 1.500 – 3.000 wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

TRENDING :  Pengajian Tabligh Akbar, Condro Kirono: Mari Jaga Kondusifitas Pesta Demokrasi

KOMENTAR SEDULUR ISK :