Lima Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kudus Jalani Tes Kesehatan di Semarang

oleh
Uniform Bupati (Grafis dan foto YM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Lima bakal pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Kudus yang telah mendaftar ke KPU Kudus, akan menjalani tes kesehatan di RSUP dr. Kariadi Semarang selama dua hari (12-13/01/2018).

Menurut Ketua KPU Kudus Moh Khanafi kepada ISKNEWS.COM, Kamis (11/01/2018), sesuai dengan peraturan terbaru, tes kesehatan harus dilakukan di rumah sakit tipe A. Di Jateng rumah sakit yang memiliki tipe A hanya ada dua yaitu RSUP Dr Kariadi Semarang dan RSUD Moewardi Solo.

TRENDING :  Sudah Cair Dana Rehab DAK Termin Pertama Untuk SD dan SMP Negeri

”Karena di Kudus belum memiliki rumah sakit tipe A, pemeriksaan harus dilakukan di antara dua rumah sakit tersebut. Dan sesuai dengan rekomendasi dari ikatan dokter Indonesia (IDI), Kudus akan melakukan tes kesehatan di RSUP Dr Kariadi Semarang,” ujarnya.

Selain Kudus, lanjut Khanafi, bakal paslon dari Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Gubernur Jateng juga akan melakukan tes kesehatan di RSUP Dr Kariadi Semarang. Sementara Kabupaten Banyumas, Temanggung, Magelang, dan Karanganyar akan melakukan tes kesehatan di RSUD Moewardi Solo.

TRENDING :  Pengukuhan BPC PHRI Kabupaten Kudus

Dijelaskannya, selama dua hari para bakal paslon menjalani beberapa tahapan pemeriksaan. Pada hari pertama 12 Januari 2018 bakal paslon menjalani tes narkoba dan psikologi. Dilanjutkan hari kedua 13 Januari 2018 menjalani tes kesehatan jasmani.

Tes narkoba akan dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN), tes psikologi oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi), dan tes kesehatan jasmani oleh IDI. Hasil tes kesehatan akan diumumkan pada 16 Januari 2018.

”Hasilnya itu akan menjadi acuan bagi KPU menentukan lolos atau tidaknya bakal paslon menjadi cabup dan cawabup,” tuturnya.

TRENDING :  Lintas Sektor Susun SOP dan Mekanisme Tanggap Bencana

Dia menambahkan, tes kesehatan wajib dilakukan semua bakal paslon sesuai Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015. Apabila tidak mengikuti tahapan ini bakal paslon yang sudah mendaftar bisa dinyatakan tidak lolos ke tahap berikutnya.

”Tes kesehatan dilakukan mulai Jumat (12/01/2018) pukul 07.00 WIB, tapi bakal paslon sudah harus berada di Semarang satu hari sebelumnya yakni Kamis (11/01/2018) sore,” tambahnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :