Lima Poin Deklarasi yang diucapkan KPU dan Panwaslu Kabupaten Pati.

image

Pati-Isknews.com Lintas Pati.
Deklarasi yang diucapkan secara serentak oleh seluruh angota Komisi Pemiihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pati dalam malam acara. Launching penyelenggaraan Pilkada tahun 2017 yang bertempata di Stadion Joyo Kusumo Pati, Jumat 05/08.

Lima poin Deklarasi untuk mewujudkan Pilkada Kab. Pati yang berintregitas dan bermartabat tersebut berisi,

Pertama, menyelenggarakan Pilkada Kab. Pati tahun 2017 berdasarkan asas pemilihan, yaitu langsung, umum, bebas dan rahasia, serta jujur dan adil.

Kedua, Pilkada Kab. Pati 2017 akan diselenggarakan berdasarkan asas penyelenggara, yaitu mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas, dan aksesibilitas.

Ketiga, penyelenggara akan memenuhi hak konstitusi setiap warga negara untuk menggunakan hak pilihnya secara baik dan menjaga suara pemilu sebagaimana diatur dalam undang-undang.

Keempat, penyelenggara memperlakukan secara adil, imparsial, dan nonpartisan kepada peserta pemilihan dan para pihak yang punya preferensi politik tertentu tanpa terkecuali.

Kelima, penyelenggara menolak pemberian, permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik secara langsung atau tidak langsung yang memberikan harapan menyimpang dari prinsip-prinsip pemilihan yang jujur dan adil bagi peserta pemilihan, serta para pihak yang memiliki preferensi politik tertentu.

Setelah usai dibacakan secara serentak, selanjutnya Deklarasi tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU Kab. Pati Much Nasich dan anggotanya, serta Ketua Panwaslu Pati Achwan beserta anggotanya. Tak hanya itu, sejumlah tokoh yang ikut tanda tangan dalam deklarasi tersebut, diantaranya Bupati Pati Haryanto, Ketua DPRD Pati Ali Badrudin, Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo yang diwakili, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma, Kajari Pati Kusnin, dan Ketua Pengadilan Negeri Pati Sugiyanto.

BACA JUGA :  Sim Online : Warga Perantau Tak Perlu Pulang Kampung Untuk Perpanjang SIM

Wj.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post