Linmas Dilatih Jaga TPS Saat Pilkada Serentak 2018

by
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Anggota Linmas se-Kecamatan Bae mendapatkan pelatihan untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS), di aula Balai Desa Bae dalam rangka penyelenggaraan Pilkada serentak 2018, yang akan berlangaung 27 Juni 2018 mendatang. Pelatihan diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Bae, Rabu (23/05/2018).

Komisioner KPU Kudus Dani Kurniawan yang menjadi pemateri memaparkan, pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan oleh petugas KPPS yang terdiri dari ketua, anggota dan keamanan KPPS.

Dalam denah TPS nantinya akan di atur sedemikian rupa sehingga nantinya mempermudah dalam pelaksanaan pencoblosan. Penghitungan suara jika terdapat dua jenis pemilihan maka penghitungan suara dilakukan dengan melakukan penghitungan suara untuk Pilgub terlebih dahulu.

TRENDING :  Kamu Sudah Terdaftar di DPS? Segera Cek

Pemateri lain Komisioner Panwaskab Kudus Rif’an menjelaskan, Linmas adalah sebuah kelompok masyarakat yang terlibat dalam pengawasan pemilu. Sebagai penyelenggara pemilu berkewajiban mutlak netral tidak boleh memihak dari partai manapun.

TRENDING :  Temukan Indikasi Pelanggaran Pemilu Panwas Kudus Tegur Oknum Kades

Tugas dari Satpol PP dan Linmas dalam pilkada adalah sebagai perangkat daerah, penegak perda dan sebagai penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. “Karena itu Satpol PP dan Linmas diwajibkan untuk membantu dalam penyelenggaraan teantibun,” katanya.

TRENDING :  KPU Jepara Gelar Ikrar Pilgub Damai

KOMENTAR SEDULUR ISK :