Lomba Gogo Iwak, Semarakan HUT RI ke-73 di Desa Pucakwangi

oleh -1,162 kali dibaca
Lomba Gogo Iwak, Semarakan HUT RI ke-73 di Desa Pucakwangi
Foto: Istimewa

Pati, ISKNEWS.COM – Berbagai lomba digelar diberbagai wilayah di Kabupaten Pati untuk memperingati HUT Kemerdekaaan Republik Indonesia ke-73. Di Desa Pucakwangi, Pati ada beberapa lomba yang di gelar, salah satu yang menarik adalah lomba tangkap ikan (Gogo Iwak).

Gogo iwak menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat, gogo iwak adalah lomba yang paling ditunggu-tunggu dan menjadi hiburan menarik.

Puluhan anak-anak berjibaku dengan lumpur untuk berburu ikan di embung desa. Berbagai cara untuk mendapatkan ikan dilakukan oleh anak-anak yang mengikuti lomba. Ada yang menggiring ikan ke pinggir yang airnya dangkal, kemudian menangkapnya sambil berebutan.

Salah satu perseta lomba Agil, mengunkapkan perasaan senangnya setelah mendapatkan ikan gabus dengan berat kurang lebih 2,5 kg.

“Saya senang mendapatkan ikan gabus yang besar ini, ikan gabus tadi saya kejar bersama teman-teman, ikan ini nanti tidak saya jual tapi akan saya goreng untuk lauk,”terangnya dengan nada girang.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Agus Srihono Kepala Desa Pucakwangi menuturkan, bahwa diselenggarakan lomba tersebut untuk mengenalkan kembali kepada anak-anak, bahwa tangkap ikan atau gogo iwak merupakan teradisi yang harus di lestarikan.

“Selain melestarikan budaya Gogo iwak, lomba ini juga untuk memeriahkan HUT RI yang ke-73,”ungkapnya.

Dia juga menambahkan, selain lomba gogo iwak, juga dilaksanakan lomba lain yaitu lomba pukul bantal di kolam dan lomba panjat pohon pisang.

“dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT RI tidak hanya lomba gogo iwak, namun juga ada lomba panjat pohon pisang dan lomba pukul bantal di kolam,”pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.