Lomba Karawitan Tingkat Pelajar Sepi Peminat

oleh
Foto: Salah satu peserta lomba karawitan tingkat pelajar yang digelar oleh pemkab jepara. kegiatan yang dilakukan di pendopo alit, Senin (02-04-2018) ini minim peserta. (Zacky/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Lomba Karawitan tingkat pelajar yang digelar Pemkab Jepara sebagai rangkaian Hari Jadi Kota Jepara tidak banyak diminati. Hal ini terbukti dari minimnya jumlah peserta lomba ini. Lomba yang dipusatkan di pendopo alit wakil Bupati Jepara, Senin (02-04-2018) ini untuk tingkat SMA, bahkan hanya diikuti oleh satu perwakilan saja. Untuk tingkat SD, lomba karawitan diikuti oleh 11 peserta dan tingkat SMP diikuti hanya empat peserta.

Tim juri yang dipimpin oleh dalang Hadi Purwanto berharap, agar seni karawitan yang diikuti oleh peserta bisa terus dilestarikan tanpa mengharapkan untuk menjadi juara. Dirinya juga menghimbau agar capaian dalam lomba tersebut dijadikan pelecut kedepan untuk menjadi lebih baik.

TRENDING :  Peran Masyarakat Dalam Pelaporan Dugaan Pelanggaran Pemilu Minim

Dari seluruh peserta yang mengikuti lomba karawitan tersebut, juara pertama tingkat SD diraih oleh SD N 1 Pengkol, juara kedua SD N 2 Pengkol dan juara ketiga MI N 1 Cepogo. Sedangkan untuk tingkat SMP, juara pertama diraih oleh SMP 1 Keling, juara kedua SMP 1 Jepara, dan juara ketiga KRM Marzuki Kembang, dan juara harapan MTs Azzahro. Sementara untuk juara pada kategori SMA yang hanya diikuti satu kelompok, dewan juri memutuskan untuk memberikan juara tiga kepada MA NU Tengguli dengan nilai 1.755.

TRENDING :  Minat Generasi Muda Pada Kearifan Lokal Kini Mulai Tumbuh

Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi menyampaikan, lomba karawitan tersebut merupakan rangkaian Festifal Kartini yang sangat baik untuk melestarikan seni dan budaya asli Indonesia. “Karawitan tidak lepas dari sejarah perjuangan RA Kartini, oleh karena itu, sebagai pewaris perjuangan beliau, sudah selayaknya generasi muda mau melestarikan seni karawitan ini,” kata Andi, Senin (02-04-2018).

TRENDING :  Sejak 1997, 205 ODHA di Jepara Telah Meninggal Dunia

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi, Basuki Wijayanto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Asisten 1, Asisten 2 dan Asisten 3 serta segenap Forkopinda Kabupaten Jepara. Bersamaan acara tersebut, Wakil Bupati juga meresmikan kelompok ponokawan dengan ditandai pemukulan gong yang disaksikan oleh para peserta. (ZA/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :