Lomba MAPSI Siapkan Generasi Islam Santun dan Cinta Budaya Ketimuran

Lomba MAPSI Siapkan Generasi Islam Santun dan Cinta Budaya Ketimuran

Kudus, isknews.com – Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Seni Islami (MAPSI) tingkat Sekolah Dasar 2017 ke 20 telah usai dilaksanakan di Kecamatan Kaliwungu pada Rabu, (11/10/17).

Pembukaan MAPSI dibuka langsung oleh Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo, yang diwakili Kabid Dikdas, Suharto.

Bertempat di 4 Titik lokasi  di SD 1 Mijen, Aula UPT SD 1 prambatan Kidul, SD 1 Prambatan Lor dan Aula PGRI Kaliwungu. Setidaknya ada 14 lomba MAPSI tahun ini yang di kompetisikan, yaitu PAI (6 jenis lomba), dan seni islami (8 jenis lomba). Jenis lomba tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin yang hanya ada 11.

TRENDING :  Seorang Gadis Asal Bangsri Hilang Sejak Sabtu

14 jenis lomba itu diantaranya PAI, BTQ, Gebsata – LCC PAISUM – Karya Tulis Ilmiah – Ketrampilan Teknologi Informasi & Komunikasi Islami (LKTIKI) – Kewirausahaan Islami – Azan dan Iqomah – Kaligrafi – Tahsinul Khat – Seni Tilawatil Qur’an – MHQ – Khithabah – Bercerita Islami – Macapat Islami dan terakhir Rebana.

H. Sofyan Ketua kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kabupaten Kudus kepada isknews.com mengatakan, Tujuan diadakannya lomba MAPSI ini adalah sebagai tolok ukur penerapan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) SD, Kurikulum muatan lokal Baca Tulis Huruf Al-Qur’an (BTHA) SD dan sebagai tolok ukur penerapan pengamalan ibadah sholat dan menggairahkan belajar Al-Qur’an bagi peserta didik Sekolah Dasar Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Komunitas SATUKU Bakti Sosial Bersih Bersih Masjid

Lalu sebagai sarana menumbuhkan dan mengembangkan rasa cinta seni yang Islami, sarana silaturrahim guru dan siswa, sarana implementasi pelajaran yang diajarkan untuk diekspresikan, sarana memupuk persatuan dan kesatuan, serta sebagai sarana peningkatan kualitas dan mutu pendidikan SD di Kabupaten Kudus. Dikatakan Sofyan, “Diadakan MAPSI juga sebagai pelestari adat ketimuran yang akhir-akhir ini mulai terkikis budaya barat,” imbuhnya

TRENDING :  Warga Blaru Digegerkan Penemuan Mayat Wanita di Sawah

Nantinya, selain mendapatkan piala dan uang pembinaan, masing-masing juara 1 pada jenis lomba, akan maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah yang Insya Allah dilaksanakan pada 3-5 November 2017 di Kabupaten Sukoharjo.

“Persiapan menyambut MAPSI ini sudah sejak lama, kegiatan kelompok Kerja Guru (KKG) PAI tingkat SD Kabupaten Kudus ini di topang sumber dananya dari APBD, iuran dari KKG kecamatan dan personal pribadi. Tahun ini dianggarkan sebesar Rp130 juta, mulai dari pelaksanaan di tingkat Kabupaten sampai Provinsi,” bebernya (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post