Lomba Video Pendek Hari Bhayangkara Ke 72 Dengan Tema “Polisi Sahabatku”

oleh
Poster Lomba Video Hari Bhayangkara ke 72

Kudus, isknews.com – Hari Bhayangkara yang diperingati setiap tanggal 1 juli, menjadi momen special bagi seluruh anggota kepolisian dan masyarakatdiseluruh Indonesia, berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan hari jadi polisi tersebut. Di usianya yang ke 72 ini institusi kepolisian sudah semakin matang dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan masyarakat.

Untuk itu dalam rangka memeriahkan hari Bhayangkara ke 72, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI)Muria Raya bekerjasama dengan kepolisian resor Kudus, Jawa Tengah, bermaksud mengadakan Lomba video pendek. Dengan tema “Polisi Sahabatku”.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning melalui Kasubag Humas AKP Sumbar Wijaya menyatakan Dengan lomba ini diharapakan polisi sebagai pengayom masyarakat akan semakin dekat dengan rakyat.

“tujuan diadakan lomba video pendek dengan tema polisi sahabatku ini agar semakin mempererat hubungan anggota kepolisian dengan masyarakat, khususnya diwilayah kabupaten kudus” jelas Sumbar kamis (10-05-2018).

Selain itu, IJTI yang seluruh anggotanyamerupakan sekumpulan jurnalis televisi,baik local maupun nasional,yang kesehariannya tidak jauh dari dunia broadcasting dan pertelevisian, ingin berbagi pengalaman dengan masyarakat dalam membuat video pendek, yang sekarang ini sudah menjadi trend khususnya bagi generasi milineal.

TRENDING :  Polres dan FKDW Pati Deklarasi Anti Hoax

“Kami pilih lomba video pendek,dengan durasi hanya 1 menit, karena dengan video pendek tentu di era saat ini siapa saja bisa mengabadikan momen-momen yang sering dijumpai di tengah masyarakat,baik itu berupa peristiwa, feature, dan cerita kemanusian, dengan melibatkan jajaran anggota Polres Kudus, dalam mengaplikasikannya mereka bias menggunakan kamera DSLR, Handycam, Smart Phone dan sebagainya,” terang Galih Manunggal ketua panitia.

Dalam lomba video dengan tema Polisi Sahabatku ini total hadiah yang diraih mencapai 16 juta rupiah.  Selain juara 1,2, 3, juga ada juara favorit.  Adapun syarat syaratnya, Galih yang juga Jurnalis TV One menjelaskan sangat mudah dan peserta baik perseorangan atau kelompok tidak dipungut biaya alias gratis.

Galih juga menambahkan untuk syarat ke ikut sertaan, para peserta adalah

TRENDING :  Ternyata Proses Tanam Padi Memiliki Banyak Istilah Unik,Berikut Penjelasanya...

SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA VIDEO PENDEK POLISI SAHABAT KU:
1. Peserta lomba adalah WNI (warga Negara Indonesia)
2. Video yang dikirim adalah video asli karya sendiri
3. Video yang diikutsertakan harus sesuai dengan tema lomba, yakni “polisi sahabat kita”
4. Tema video pendek (live shot bukan animasi atau slide foto) dengan bermuatan unsur polri
5. Video diambil diwilayah hokum polres kudus
6. Menggunakan atribut polri yang sesuai dan tepat
7. Durasi video maksimal 1 menit
8. Video yang dilombakan harus video yang diproduksi tahun 2017 – 2018
9. Pengambilanvideo dapat dilakukan dengan kamera apa saja, minimum resolusi 800×600 pixel
10. Karya tidak mengandung SARA dan pornogarafi
11. Peserta wajib follow akum media social IJTI Muria Raya, instagram @polreskudus, instagram @ijti_muriaraya, facebook Ijti Muria Raya dan twitter @ijtimuriaraya
12. Upload video diakun instagram dan jangan lupa mantion ke @ijti_muriaraya dan @polreskudus. Beri caption menarik dan sertakan hastag #ijtimuriaraya #lombaijtimuriaraya #juriijti #polreskudus #videopolisisahabatkita #polreskudusijtimuriaraya
13. Karya video pemenangakan menjadi hak milik panitia dan dapatdigunakan untuk publikasi panitia
14. Penggunaan backsound/ ilustrasi music menjadi tanggung jawab peserta
15. Like video terbanyak menjadi salah satu pertimbangan dewan juri
16. Karya video belum pernah dipublikasikan di medsos maupun media lainnya
17. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
18. Aspek penilaian dewan juri :
1. Kesesuaian dengan tema
2. keunikan dan orisinalitas cerita
3. Keseimbangan estetik (aspek teknis penyutradaraan, editing dan sinematografi visual)
4. koherensi tematik (konsistensi , karakter dan alur cerita)
5. pesan yang disampaikan

TRENDING :  Besok Lyla Akan Konser Di Solo

“Selanjutnya festival video pendek ‘Polisi Sahabatku’ akan dilakukan penilaian oleh beberapa juri, diantaranya, Ketua Umum IJTI Pusat Yadi Hendriana, Jurnalis Antv Joko , dan Bidang Humas Polres kudus,” tutup Galih. (*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :