Los Pasar Brayung Direhab Ratusan Pedagang Direlokasi

Los Pasar Brayung Direhab Ratusan Pedagang Direlokasi

Kudus, isknews.com – Ratusan pedagang Pasar Brayung, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, direlokasi. Mereka untuk sementara ditempatkan di areal parkir di bagian depan pasar, karena los yang digunakan untuk berjualan direhabilitasi. Jumlah los yang dibangun itu sebanyak tujuh unit. OPD selaku pengadaan proyek adalah Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Diperlopas) Kabupaten Kudus, anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Pasar Brayung itu sebesar Rp 1,6 miliar, sumber dana dari APBD Kabupaten Kudus tahun anggaran (TA) 2017.

Kepala Pasar Brayung, Lazim, yang dihubungi isknews.com, Kamis (24/08), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, los yang direhab sebanyak tujuh unit terbagi di dua tempat, yakni 3 unit di deretan los sebelah utara, tepatnya di depan kantor pasar, berukuran 20 x 30 meter, sedangkan yang empat unit di deretan los sebelah selatan, berukuran masing-masing 10 x 20 meter. “Semua los itu dibongkar total, nantinya akan diganti dengan bangunan baru.”

Mengenai relokasi para pedagang, ungkapnya lanjut, sejauh ini tidak ada masalah dan tidak begitu merepotkan. Hal itu karena pedagang yang menempati tiga di los deretan utara sebagian besar adalah penjual yang menggelar dagangannya secara lesehan, sebagian lainnya pedagang kios. Sedangkan pedagang yang empat los di deretan sebelah selatan, adalah para penjual alat rumah tangga dan pakaian yang sebagian diantaranya sudah lama tutup. “Jumlah pedagang di tiga los utara sekitar 100 orang, sedangkan di empat los di selatan, sekitar 50 orang.”

Dia menambahkan, rahab Pasar Brayung itu baru dimulai sekitar dua pekan, sehingga masih dalam tahap pembongkaran bangunan los yang lama. Para pedagang yang ditampung di areal parkir, membuat sendiri bangunan darurat, atau gerobag dorong. “Waktu pelaksanaan rehab selama 120 hari kalender.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Puluhan Tahun Dibiarkan Jembatan Gendok Jati Wetan Direhabilitasi

Share This Post