Lukisan Pahlawan Nasional Dari Limbah Plastik

oleh -1,107 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Di momen Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November kemarin, Jafar Labib warga Desa Jepat Lor, Kecamatan Tayu, Pati, berkreasi membuat lukisan para Pahlawan Nasional dengan menggunakan limbah kantong plastik.

Diketahui, sampah plastik merupakan limbah yang tidak bisa diurai oleh tanah. Tidak hanya itu, sampah ini juga mencemari sungai dan lautan.

Bahkan, di lautan lepas banyaknya sampah plastik yang tidak bisa diurai membentuk pulau sampah yang besar, dan jika tidak kesadaran membuang sampah masih minim, bukan tidak mungkin pulau sampah itu menjadi benua sampah.

Berangkat dari sana, Jafar menyalurkan bakat seninya untuk mengkreasikan sampah plastik menjadi lukisan. Dan dimomen Hari Pahlawan, pemuda yang riskan dengan keadaan lingkungan itu, membuat lukisan pahlawan dari sampah plastik.

“Saya terilhami untuk membuat lukisan sosok pahlawan dari sampah kantong plastik di hari pahlawan. Bagi saya, ini merupakan salah satu cara untuk meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu, yakni turut menjaga lingkungan dan alam Indonesia,” tuturnya, Sabtu (11/11/2017).

Dengan semangat para kusuma bangsa yang telah gugur, pemuda asal Jepat Lor tersebut, telaten mengumpulkan sampah plastik yang dia jumpai. Setelah terkumpul, sampah tersebut tidak lantas dibiarkan, tetapi diolah kembali menjadi benda bernilai seni tinggi.

“Biasanya kalau ada sampah plastik saya ambil, kemudian kalau sudah terkumpul sampah itu saya cuci bersih,” sebut Jafar.

Kemudian, kantong plastik tersebut mulai dikreasi dan dirangkai menjadi sebuah lilitan yang dikelabang. Lilitan plastik inilah, yang selanjutnya dirangkai menjadi karya seni yang indah, untuk mengapresiasi jasa pahlawan pendahulu. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.