Mahasiswa UNDIP Semarang Berikan Penyuluhan Masyarakat Pelemgede

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – Kali ini, masyarakat Desa Pelemgede, Kecamatan Pucakwangi, Pati, merasa bangga atas datangnya mahasiswa dari Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Di Desa Pelemgede, ada sembilan mahasiswa yang melaksanakan KKN tersebut. Mereka itu terdiri dari tiga fakultas yang berbeda. Yakni Fakultas Hukum, Kedokteran dan Fakultas Ilmu Budaya.

Kebanggaan tersebut diungkapkan Kepala Desa Pelemgede, Hadi, pihaknya mengaku bersyukur atas kehadiran mahasiswa dari UNDIP Semarang yang melakukan KKN di desanya.

TRENDING :  Satu Lagi Desa di Jepara Alami Krisis Air Bersih

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Masiswa UNDIP Semarang yang telah melangsungkan KKN di desa kami, semoga adanya KKN ini dapat memberikan perubahan positif baik bidang kesehatan, hukum maupun budaya,” ungkap Kepala Desa.

Sementara, Andy Ananto Muhammad, koordinator KKN Desa Pelemgede mengatakan, pelaksanaan KKN berlangsung 4 Januari hingga 15 Februari 2018 mendatang.

“Pada intinya, kami di sini melakukan pengabdian kepada masyarakat, sesuai dengan dasar pengetahuan yang kami pelajari. Baik itu dalam bidang hukum, kesehatan maupun sosial masyarkat,” ujar Andy.

TRENDING :  Kadin Pusat Takjub Lihat Fasilitas SMK di Kudus, Roeslani: Pantas Jadi Sekolah Percontohan

Dirinya mencontohkan untuk bidang hukum misalnya, pihaknya melakukan pendampingan terkait dengan persoalan sertifikat tanah, yang selama ini ada beberapa tanah warga yang belum bersertifikat.

Pun demikian dengan KTP Elektronik. Di mana ada persoalan human error, yakni kesalahan penulisan nomor induk di KTP yang tidak sesuai. Sehingga, hal tersebut bisa rawan terhadap munculnya kasus pemalsuan identitas jika terkena razia.

“Hal seperti ini kan, warga masih ada yang belum tahu. Sehingga, kami berikan sosialisai terkait hal itu. Kami juga menyarankan, jika ada yang demikian, untuk memperbaiki ke pihak terkait dan kami mendampinginya,” ungkapnya.

TRENDING :  Jelang Tahun Politik, DPC PPP Pati Panasi Mesin Politik

Dalam bidang lain juga, kata dia, pihaknya juga memberikan penyuluhan tentang kesehatan. Seperti soal penyakit difteri, bagaimana cara penularannya dan antisipasi pencegahannya.

Dirinya berharap, apa yang dilakukan pada pengabdian terhadap masyarakat tersebut bisa membantu masyarakat untuk mengatasi persoalan yang terjadi. Sehingga, peran mahasiswa di desa berguna bagi masyarakat. (WR/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :