Malam Ini PKL Dhandhangan Kudus Mulai Gelar Lapak

oleh
Dhandhangan di Kudus
Doc. ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Tradisi Dhandhangan di Kudus sudah berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan sudah dilakukan pada masa Sunan Kudus masih bersyiar di Kudus. Kini tradisi tersebut masih dilestarikan warga Kudus hingga sekarang.

Setiap menjelang puasa ratusan pedagang berjajar menggelar dagangannya di sepanjang jalan menuju Menara Kudus atau makam Sunan Kudus. Tahun ini Dhandhangan akan dulaksanakan mulai 06-16 Mei 2018.

Selama itu pula masyarakat Kudus akan disuguhkan dengan berbagai produk yang diperjualbelikan oleh para pedagang. Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti melalui Kabid Pedagang Kaki Lima (PKL) Sofyan Dhuhri mengatakan, efektifnya Dhandhangan dimulai 06 Mei 2018.

TRENDING :  Gali Potensi Lokal Lewat Lomba

Hanya saja hiruk pikuknya sudah dimulai Jumat (04-05-2018). Para pedagang akan mulai menggelar lapaknya mulai malam ini pukul 21.00 WIB. “Malam ini jadwalnya pemasangan tenda dan loading barang, sehingga pengaturan rekayasa lalu lintas sudah dimulai hingga H+1,” katanya.

Para pedagang, lanjutnya, akan meramaikan Dhandhangan tahun ini sepanjang Jalan Sunan Kudus, Jalan Kyai Telingsing, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Pangeran Puger, Jalan dr Ramelan dan Jalan Pemuda.

TRENDING :  Parade Seribu Rebana Meriahkan Tahun Baru Hijriah

“Tahun ini pedagang yang ambil bagian total ada 465 pedagang,” bebernya. Sofyan menambahkan, Selain para pedagang itu juga akan ada tambahan dari para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Jawa Tengah.

Mereka adalah undangan dari pihaknya yang dibagi di beberapa ruas jalan. Rinciannya di  Jalan Sunan Kudus (Pekojan) 20 UKM, yaitu dari Kabupaten Jepara sebanyak tujuh UKM yakni batik dan assesoris.

Dari Kabupaten  Demak tiga UKM yakni batik dan krajinan tangan. Kabupaten Rembang dua UKM yakni batik. Kabupaten Pati dua UKM batik juga. Kabupaten Klaten dua UKM yakni batik dan kerajinan tangan, serta terakhir empat UKM dari Kabuapten Kudus sendiri.

TRENDING :  Hari Pertama Pembukaan, Expo Megawon Diserbu Warga

Sementara itu Plt Kepala Dinas Perhubungan Sam’ani Intakoris melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Putut Sri Kuncoro menyampaikan, terkait pengalihan arus pihaknya bersama Satlantas Polres Kudus sudah berkoordinasi agar tetap tidak terjadi kemacetan.

“Saya kira tidak jauh berbeda dengan tahun lalu,” katanya singkat saat dihubungi melalui ponsel pribadinya, Jumat (04-05-2018). (MK/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :