Manfaatkan Lahan Bekas Rumah Dinas Guru Untuk Membangun TK

Manfaatkan Lahan Bekas Rumah Dinas Guru Untuk Membangun TK

Kudus, isknews.com – Renovasi gedung Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi, Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, kini sudah jadi dan bahkan sudah difungsikan. Gedung TK itu dibangun oleh Pemerintah Desa Tanjungkarang, dengan memanfaatkan lahan bekas bangunan rumah dinas guru SDN 1 Tanjungkarang yang dibongkar dan digunakan untuk memperluas bangunan TK lama.

Kepala Desa Tanjungkarang, Sumarno, yang dihubungi isknews.com, Rabu (08/11), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, terkait dengan pembangunan gedung TK Pertiwi itu, pihaknya selaku kepala desa, sudah melalui prosedur sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, mulai dari pengajuan ke UPTD Pendidikan Kecamatan Jati, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, serta bagian aset di Badan Pengelola Pajak Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus. “Pengajuan kami, adalah penghapusan aset rumah dinas guru yang kami gunakan untuk membangun gedung TK tersebut.”

Setelah ijin diperoleh, lanjutnya, renovasi gedung itu pun dilaksanakan. Rumah dinas guru di SDN 1 Tanjungkarang yang kondisinya rusak berat dirobohkan, selanjutnya digunakan untuk memperluas bangunan gedung TK lama. Renovasi itu juga merubah arah depan gedung yang semula menghadap ke selatan, menjadi ke barat, menghadap jalan raya. “Status bangunan rumah dinas SD itu, milik Pemkab. Sedangkan status lahan milik desa. Jadi kalau direnovasi tidak ada masalah.”

Kepala Desa Tanjungkarang itu menerangkan, proyek renovasi TK Pertiwi itu, pengadaan oleh Pemerintah Desa Tanjungkarang, bidang penyelenggaraan pembangunan desa, jenis kegiatan renovasi pembangunan dan pengelolaan pendidikan usia dini, volume yang dikerjakan 10 x 8 meter. “Anggaran terdiri dari belanja pengadaan barang dan jasa sebesar Rp 147.507.250 dan operasional sebesar Rp 60.560.000, sumber dana dari Dana Desa (DD) Tahun 2017.”(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Rumah Dinas Guru Dialihfungsikan Jadi Gedung TK

Share This Post