Mapolres Kudus Yang Baru Lebih Representatif

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Mapolres Kudus baru yang berada di Desa Klaling, Kecamatan Jekulo diresmikan, Selasa (31/07/2018). Peresmian dihadiri Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Pol Condro Kirono, mantan Kapolda Jateng Komjen Pol (purn) Nor Ali, Bupati Kudus Musthofa, Kapolres se eks-Keresidenan Pati, jajaran Forkopimda, Muspida, dan bernagai elemen di Kudus.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono yang pernah menjabat sebagai Kapolres Kudus 18 tahun lalu itu, menilai Mapolres yang baru lebih representatif karena lebih luas. Tidak hanya gedungnya saja yang luas akan tetapi fasilitas yang ada saat ini juga jauh lebih lengkap.

Dengan luas lahan 6.200 meter persegi, Mapolres lama hanya memiliki bangunan 2.000 meter persegi. Sedangkan di Mapolres baru berdiri di atas lahan 1,5 hektare dengan luas bangunan 4.800 meter persegi. Tak hanya itu Mapolres baru juga dibangun dua lantai yang membuat ruangan menjadi jauh lebih luas.

TRENDING :  Pelanggaran Lalu Lintas Di Kudus Naik, Dikhawatirkan Angka Kecelakaan Juga Meningkat

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Kudus yang telah menghibahkantanah dan bangunan ini. Saya tahu betul Mapolres lama tidak memadai karena pernah menjadi Kapolres Kudus,” katanya dalam sambutan ketika meresmikan.

Ditambahkan, dengan jumlah personel Polres Kudus yang semakin bertambah, adanya Mapolres baru ini sangat tepat sekali. Dia berharap akan ada peningkatan kinerja dari anggota berbanding lurus dengan fasilitas yang telah ada.

TRENDING :  Tak Kantongi¬† Dokumen Lingkungan Dan IMB, Gedung Mapolres Kudus Di Gugat

Bupati Kudus Musthofa menyampaikan, pembangunan Mapolres baru ini agar pelayan kepada masyarakat lebih mudah. Rencananya pembangunan fasilitas tambahan gedung baru Mapolres Kudus akan dilanjutkan lagi.

“Penambahan fasilitas sudah diusulkan dalam anggaran perubahan 2018 sebesar Rp 2,9 miliar. Bahkan di 2019 juga telah diusulkan Rp 9,5 miliar untuk kembali menambah fasilitas, agar bisa lebih lengkap lagi dan maksimal,” ujar Musthofa.

Pembangunan sisanya direncanakan diusulkan pada anggaran perubahan 2018. Ada sebanyak Rp 2,9 miliyar dana perubahan. Rencananya sebagai fasilitas Mapolres Kudus. Kemudian, 2019 nanti juga diusulkan penambahan anggaran senilai Rp 9,5 miliyar.

Sementara itu Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengatakan, rencananya gedung baru Mapolres Kudus akan mulai ditempati September 2018 mendatang. Seluruh fungsi akan dipindahkan kecuali Unit Laka Lantas yang tetap menempati Mapolres lama.

TRENDING :  Pucuk Pimpinan Polres Blora Akan Diganti

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, sehingga gedung baru Mapolres Kudus dapar terealisasi,” tukas Agusman.

Sebelumnya setelah peresmian dilakukan, Kapolda Jateng dan seluruh pejabat yang hadir meninjai ruangan demi ruangan yang ada di Mapolres baru. Seperti ruangan Kapolres, aula, ruangan fungsi dari masing-masing satuan, bagian, dan unit hingga ruang tahanan yang ada di lantai satu. Peninjauan juga dilakukan di lantai dua yang di antaranya ruangan Waka Polres dan bagian lainnya. (MK/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :