Marka ZoSS Hilang Tanggunjawab Siapa?

Marka ZoSS Hilang Tanggunjawab Siapa?

Kudus, isknews.com – Peningkatan jalan dengan menambah lapisan aspal atau hotmix disepanjang jalan Getas Pejaten, tepatnya mulai dari pertigaan depan Museum Kretek, hingga Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupeten Kudus, tanpa disengaja, menyebabkan hilangnya marka Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang dipasang di depan SD Attambih Muhammadiyah, Kecamatan Jati.Marka ZoSS di depan SD itu, kini “hilang” akibat tertutup lapisan aspal.

Pantaun isnwes.com, Sabtu (19/11), akibat hilangnya marka Zoss itu, siswa SD 1 Muhammadiyah mengalami cukup hambatan pada saat mau menyeberang, tidak selancar pada waktu masih ada marka Zoss. Jalur di jalan lingkar itu memang padat dengan arus lalu lintas.

TRENDING :  41 Titik Rawan Laka Lantas Di Kudus Dipasangi Warning Light

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan Kominikasi informatika (Diskominfo) Kabupaten Kudus, Putut Dwi Kuncoro, yang dihubungi isnews.com, Jumat (18/11), membenarkan hilangnya marka Zoss di lokasi tersebut. Menurut dia, saat mengetahui jalur jalan tersebut di aspal, pihaknya berusaha menghubungi rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, namun tidak berhasil, sehingga tindakan yang dilakukan adalah mengambil gambar marka ZoSS tersebut, sebelum tertutup aspal. “Meskipun marka itu hilang, kami mempunyai dokumenya.”

TRENDING :  Pengendara Motor Tanpa Helm Ditertibkan

Langkah yang dilakukan terkait hal itu, ungkap nya lanjut, adalah berkoordinasi dengan SKPD terkait yang pengadaan proyek peningkatan jalan tersebut, yakni Dinas Bina Marga Pengairan Energi SumberDaya Mineral (BPESDM) Kabupaten Kudus. “Tujuan kami berkoordinasi untuk mencari solusi, bagaimana caranya agar marka Zoss yang hilang itu dibuatkan lagi. Karena sangat dibutuhkan oleh sekolah yang bersangkutan.”

TRENDING :  Parkir Di Jalan Jendral Sudirman Kudus Amburadul

Seperti diberitakan di isknews.com, pemasangan marka Zona SelamatSekolah (ZoSS) oleh Dishubkominfo Kabupaten Kudus, selain merupakan kepedulian SKPD tersebut kepada intansi penidikan, juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para siswa, dari kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena itulah, pemasangan marka ZoSS itu, diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang  letaknya berhadapan dengan jalan raya yang  tingkat aktivitas dan kepadatannya lalu lintasnya tinggi, sehingga rawan dengan terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas).(DM)

 

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post