Masih Ada SD Di Kudus Yang Belum Punya Gedung Perpustakaan

Masih Ada SD Di Kudus Yang Belum Punya Gedung Perpustakaan

Kudus, isknews.com – Salah satu fasilitas yang bisa menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, terutama sekolah dasar (SD), adalah tersedianya fasilitas gedung perpustakaan. Namun hingga, belum semua SD di Kabupaten Kudus yang berjumlah ratusan unit itu, memiliki fasilitas tersebut, sehingga Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) terkait, akan berusaha melengkapinya.

Kepala Seksi (Kasie) Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, M Zubaedi, yang dihubungi isknewes.com, Kamis (04/1), mengatakan hal itu. Menurut dia, pengadaan atau pembangunan gedung perpustakaan sekolah, khususnya sekolah dasar (SD), selalu disertakan dalam kegiatan proyek rehabilitasi SD, pada setiap tahun anggaran (TA). “Termasuk pada TA 2016 lalu, ada satu SD yang mendapat bantuan rehab gedung perpustakaan, yakni SD 3 Jati Wetan, Kecamatan Jati.”

Pada TA 2017 ini, ungkapnya lanjut, Disdikpora Kabupaten Kudus mengajukan sebanyak 170 SD yang akan dibangun ataupun direhab, baik pembangunan ruang kelas baru, rehabilitasi ruang kelas dan lain-lain, termasuk kalau memang ada SD yang membutuhkan bantuan gedung perpustakaan. Pihak dinas akan meminta kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan, untuk mendata apakah di wilayah kerjanya masih ada SD yang belum memiliki gedung perpustakaan. “Kalau memang ada, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan bisa mengajukan permintaan ke dinas, sehingga bisa ditindak lanjuti dan segera dianggarkan.”

Mengenai bantuan pengadaan buku perpustakaan, dia menerangkan itu bukan wewenang bagian sarpras, melainkan urusan bagian kurikulum. “Namun kalau pihak SD membutuhkan pengadaan buku untuk perpustakaan sekolah itu bisa menggunakan dana BOS,” tegas Zubaedi. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Sambut Tahun Baru Hijriyyah, Santri PP. MUS-YQ Kwanaran Menggelar Istighatsah

Share This Post