Masuk SMP? Kenali Aturan Baru PPDB Online Sistem Zonasi

by
Masuk SMP? Kenali Aturan Baru PPDB Online Sistem Zonasi isknews
Foto: Sejumlah siswa SMP 2 Kudus saat jam pulang sekolah. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belum lama ini menerbitkan Permendikbud 14/2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan dilakukan dengan sistem zonasi.

Mulai tahun ini, PPDB mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK tahun ajaran baru 2018/2019 akan menggunakan sistem zonasi. Artinya, penerimaan siswa baru diprioritaskan untuk warga yang bertempat tinggal tidak jauh dari lingkungan sekolah atau jarak rumah dengan sekolah.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Suharto mengatakan, tujuan diadakannya zonasi tersebut diharapkan meningkatkan pelayanan pendidikan dan adanya pemerataan mutu pendidikan Sehingga nantinya, setiap sekolah akan terpacu untuk menjadi yang terbaik. “Sistem zonasi juga akaj menepis anggapan adanya sekolah favorit,” ujarnya saat sosialisasi kepada guru-guru yang berlangsung di SMP 2 Kudus beberapa waktu lalu.

TRENDING :  Akhirnya Kepala Desa Panjang Dipecat

Menurut Kassubag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan pada Disdikpora, Dian Vitayani Winahyu, PPDB SMP rencananya dilaksanakan mulai tanggal 3 – 7 Juli 2018, akan terbagi dalam 4 zona.

KOMENTAR SEDULUR ISK :