Masyarakat Wajib Kenali Ciri Uang Asli dan Waspadai Uang Palsu

by
Foto: Salah seorang narasumber dari Bank Indonesia Regional Jateng yang sedang memaparkan isi materi terkait sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Bank Indonesia (BI) cabang Jawa Tengah mengimbau seluruh masyarakat, agar tetap waspadai peredaran uang palsu (upal) di daerah. BI mengajak masyarakat, pegawai bank, dan para pengusaha untuk mengenali perbedaan uang asli dan palsu.

Kepala Tim pengelolaan uang rupiah (PUR), operasional dan sistem pembayaran (SP) pada perwakilan Bank Indonesia (BI) provinsi Jateng, Fx Bambang Santoso, menjelaskan ciri-ciri keaslian uang rupiah dapat diperhatikan dengan ciri warna yang terlihat terang dan jelas, selain itu terlihat ada benang pengaman. Kemudian kalosseting atau perubahan warna apabila digerakkan. Ia mengatakan pula uang multicolor yang berarti jika dilihat dari sudut tertentu terlihat nominalnya.

“Untuk memudahkan kita membedakan uang palsu dengan yang asli dapat dengan cara 3D, yaitu dilihat, diraba dan diterawang. Dilihat bisa menggunakan sinar ultra violet, kemudian jika diraba uang pun terasa kasar pada nominalnya. Selain itu jika diterawang akan terlihat benang pengamannya,” jelasnya kepada wartawan usai Sosialisasi Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah di Hotel Griptha Kudus, Selasa (10-4-2018).

TRENDING :  Harga Kopi Naik, Petani Bergairah
KOMENTAR SEDULUR ISK :