Maulid Nabi, Masjid Agung Bagikan 1000 Golok-golok Menthok

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Puncak peringatan maulid Nabi Muhammad di Masjid Agung Kudus telah digelar bertepatan dengan Pengajian Ahad Pagi Awal Bulan (APAB) Ahad (02/12/2018) 06.00 s.d. 08.00 WIB.

Mendatangkan pembicara K.H. Adib Zamroni (Demak), pagi itu jumlah yang hadir nyaris 1000 orang, dengan konsumsi 1000 golok-golok mentok (tradisional), berisikan banyak macam jajan pasar, srondeng ketan, onde-onde dan lainnya.

Zaenal Fahmi, mewakili pengurus Masjid Agung Kudus mengatakan, kegiatan tersebut sebagai puncak kegiatan dari rangkaian sebelumnya, yakni 1. Pembacaan Maulidurrasul dan Terbang Papat oleh Grup Terbang Papat kecamatan sekab. Kudus (tg. 1 s.d. 12 Rabiul Awal) 2. Khitan Umum sebanyak 150 peserta (20 Nov 2018).

TRENDING :  Padang Bulanan Serta Istighosah Pelajar, Guna Ikhtiar Batin Menghadapi UN

Dikatakan Fahmi, Bagi warga luar Kudus, tidak banyak yang tahu dengan salah satu tradisi lokal Kota Kretek yang disebut Golok-Golok Menthok. Tradisi ini selalu digelar saat momen Maulud Nabi Muhammad SAW.

TRENDING :  Lewat MAPSI, Tumbuhkan Semangat Pelajar Pahami Seni Islami

Dari beberapa sumber menjelaskan,  Golok-Golok Menthok adalah kegiatan berkumpul di musala dan saling bertukar ketan yang ditanak dan srundeng, atau abon yang diletakkan dalam keranjang kecil (nanya). Terkadang nanya berisi makanan ringan yang banyak disukai anak-anak. Tradisi ini dilakukan oleh keluarga yang mempunyai anak perempuan.

Berikut bunyi lagu dolanan yang biasa dilakukan serombangan anak-anak sambil membawa golok-golok menthok ke Masjid, Mushola ataupun tempat ngaji.

TRENDING :  Warga Rame-rame Antre Daging Qurban Masjid Agung Kudus

Golok-golok menthok
bancaane bocah wedhok
cah lanang ra enthuk njanthok
nek njanthok udele kethok.”😆😆

Arti lagu dolanan khas Kudus itu artinya..

Golok-golok menthok ….
selamatannya anak perempuan …
anak laki-laki tidak boleh minta
kalau minta pusarnya kelihatan. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :