Mekanisme Penyaluran Subsidi Gas Elpiji di Kudus

oleh
Subsidi LPG di Kudus
Subsidi LPG di Kudus

Kudus, ISKNEWS.COM –┬áPemerintah memutuskan menyalurkan subsidi gas Elpiji ukuran 3 kilogram (kg) menggunakan kartu elektronik. Untuk skema teknisnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menyerahkan pada Bank Indonesia (BI).

Sesuai instrukti Pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten dalam menyalurkan subsidi gas Elpiji di Kudus ukuran 3 kilogram (kg) menggunakan kartu. Subsidi gas LPG 3 kg disalurkan melalui Kartu Keluarga Sejahtera dan penyalurannya disesuaikan dengan data TNP2K untuk masing-masing pengguna yang mendapatkan subdisi non tunai.

TRENDING :  Khabsyin Soroti Munculnya Anggaran Siluman Pada RAPBD 2018

Penyaluran subsidi nontunai melalui kartu lebih tepat sasaran dibandingkan skema penyaluran sebelumnya. Lebih lanjut untuk subsidi listrik, listrik sudah memiliki meteran dan kabel yang bisa digunakan untuk menghitung berapa kwh yang digunakan pelanggan setiap bulannya.

TRENDING :  Hanya Ada di Kudus Gebyar Even HUT PKL

Misalnya 1 kartu keluarga (KK) sebulan butuh 4 tabung gas Elpiji 3 kg, hitung misalnya subsidi sekarang Rp25.000 berarti yang ditransfer pemerintah Kabupaten Kudus melalui bank-bank yang ditunjuk Pemerintah pusat adalah sebesar Rp100.000 per bulannya untuk satu Kepala Keluarga (KK)
Penyaluran subsidi nontunai melalui kartu lebih tepat sasaran dibandingkan skema penyaluran sebelumnya.

TRENDING :  Tempat Ini Dulu Pernah Jadi Pasar Hewan Pertama di Kudus

Pemerintah Kabupaten Kudus menerapkan penyaluran subsidi elpiji tiga kilogram tepat sasaran dengan metode menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) pada tahun 2018 ini.

Untuk jumlah subsidi yang disalurkan, jumlahnya masih sama dengan yang diusulkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yakni 40 persen dari yang dapat paket perdana. Datanya dari TNP2K.

KOMENTAR SEDULUR ISK :