Melalui Program Pansimas 74,6 Persen Kebutuhan Air Bersih Masyarakat Pati Tercukupi

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – Dalam rangka mewujudkan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasisi masyarakat (Pansimas), PPMU selaku Pengelola Program menggelar rapat koordinasi dengan DPMU Kabupaten se-Eks Karesidenan Pati di Ruang Penjawi Setda Pati, Jawa Tengah, Selasa (17-4-2017).

Adanya Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah warga kurang terlayani akan kebutuhan air terlebih kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan. Serta untuk meningkatkan penerapan nilai dan prilaku hidup bersih dan sehat.

TRENDING :  Adu Ketangkasan Dalam Pati Drag Bike 201 Meter

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Kabupaten Pati Arief Wahyudi dalam sambutanya menyampaikan, Kabupaten Pati yang berpenduduk sekitar 1.239.980 jiwa, 74,6 persen sudah mendapatkan akses air minum melalui program Pansimas.

“Penduduk Pati dari total penduduk berjumlah 1.239.980 jiwa sampai dengan saat ini yang sudah mendapatkan akses air bersih sebanyak 74,6 persen,”Katanya.

Dia menambahkan, 25,4 persen kekurangan akan dioptimalkan melalui program yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), APBD, DAK dan dari CSR Kabupaten serta dari anggaran lain.

TRENDING :  Dua Luka Dalam Laka Lantas di Jembatan Kali Guno

“Masih ada 25,4 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Pati yang belum terlayani, dikutahui untuk menurunkan angka kekurangan tersebut, telah banyak diupayakan berbagai program partisipatif baik yang bersumber dari Dana APBN, APBD, DAK, HKP, HAMP dan APBDes dan dari CSR Kabupaten Pati,”lanjutnya.

TRENDING :  Panwas Kabupaten Pati Gelar Simulasi Pelaksanaan Pencoblosan

Pelaksanaan kegiatan Tahun 2018 di Kabupaten Pati telah berjalan 23 kegiatan pasca pansimas dari dana DAK, 3 pasca pansimas dari APBDes, 10 dengan HKP dan non sering APBD.

“Terlebih dengan adanya aplikasi Krisna telah mengkolaborasikan baik antara program Pansimas dan DAK, pada tahun 2018 di Pati sendiri terdapat 13 desa Pasca pasimas dengan dana DAK,”pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :