Memasuki Bulan Puasa Permintaan Ikan di TPI Unit II Juwana Meningkat

oleh -940 kali dibaca
Foto: Pedagang di TPI II Juwana saat menata ikan yang akan di jual kembali. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Permintaan kebutuhan ikan pada hari ke-2 bulan puasa di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) unit II Juwana meningkat, permintaan tinggi itulah salah satu penyebab harga ikan mengalami kenaikan.

Menurut salah satu pedagang ikan yang mengikuti lelang di TPI II Juwana, Emi Yuliati, hari-hari ini harga ikan memang sedang bagus. Kemungkinan, stabilitas harga ini akan berlangsung hingga pertengahan puasa nanti.

“Biasanya terjadi penurunan harga ikan itu pada bulan 11, Tetapi, kalau sudah memasuki hari ke 20 ramadhan, harga akan menurun. Itupun kami perkirakan tidak seberapa,” ungkapnya saat ditemui, Jumat (18-5-2018).

Foto: Pedagang di TPI II Juwana saat menata ikan yang akan di jual kembali. (Istimewa)

Penyebab paling cepat turunya harga ikan biasanya dipengaruhi hasil tangkapan nelayan, Semakin banyak kapal yang membongkar ikan di TPI, maka harganya akan semakin rendah.

“Sebaliknya, semakin sedikit kapal yang membongkar ikan, harganya juga semakin tinggi. Itu sudah menjadi hal yang wajar. Apalagi, di TPI ini terlebih dahulu harus melalui sistem pelelangan,” imbuhnya.

Emi juga menyampaikan keluhanya terkait masalah lelang, sebagai bakul dia mengaku, harus mempunyai uang cash untuk mengikuti lelang, saat ini tidak boleh ngutang.

“Dulu bakul boleh ngutang, kalau harus tunai seperti ini, otomatis kami ya melelang sesuai dengan kemampuan modal yang kami miliki. Lebih dari itu, sudah tidak diperbolehkan,” keluhnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :