Memasuki Musim Pancaroba BPBD Kudus Siap Siaga Tanggap Bencana

Kudus, isknews.com – Menghadapi musim pancaroba atau musim penghujan bencana seperti angin puting beliung, badai, tanah longsor, banjir dll tidak menutup kemungkin terjadi suatu saat, guna menetralisir terjadinya bencana tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus siap siaga terhadap bencana yang terjadi suatu saat.

Dalam hal ini juga peran masyarakat juga dibutuhkan terhadap situasi dan kondisi bilamana bencana alam terjadi, sehingga dengan masyarakat BPBD akan tanggap bencana yang sekiranya rawan bencana terutama di Kabupaten Kudus.

TRENDING :  Dinas Sosial Fasilitasi Surat Keterangan Pengantar BPJS Sehari Aktif

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kudus Bergas Penanggungan saat ditemui oleh isknews.com Senin, 09/10 mengatakan “pengawasan jaringan masyarakat menjadi ujung tombak dalam tanggap bencana, sekiranya yang rawan akan bencana bilamana masyarakat melaporkan maka peran relawan akan meninjau sejauh mana rawan bencana tersebut dan membuat jalur darurat guna antisipasi bencana” jelasnya.

TRENDING :  Belum Ada Kepastian Terkait Dibukanya Pintu Sembilan Wilalung

Kejadian bencana yang sering terjadi pada musim pancaroba atau musim penghujan antara lain Angin Kencang, Pohon Tumbang, Tanah Longsor, dan Banjir.

BPBD Kabupaten Kudus masyarakat diharapkan juga melakukan antisipasi kejadian tersebut dengan mempersiapkan genteng, merimbas pohon – pohon yang sekiranya rapuh, membuat aliran air yang sekiranya mengakibatkan tanah longsor, serta membersihkan aliran – aliran sungai guna antisipasi bencana banjir. Sehingga bencana tersebut sekiranya meminimaslisir terjadinya sebuah bencana.(SU/Red)

TRENDING :  Diklat Sar Water Rescue Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan

KOMENTAR SEDULUR ISK :

You may also like...

Sorry - Comments are closed

TRENDING