Meminimalisir Kesalahan Pembuatan LPJ Keuangan BOS 2017 Melalui Sosialisasi

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Seluruh Bendahara SD,SMP baik negeri dan swasta di Kabupaten Kudus mengikuti Sosialisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dilaksanakan selama 6 hari Gedung Dekopinda Kabupaten Kudus, Depan Kantor Disdikpora Komplek Perkantoran Kudus, Jalan Mejobo -Mlati Kidul Kabupaten Kudus, (4-9/12/17),

Kepala Disdikpora Kudus, Joko Susilo melalui Kabid Dikdas Suharto mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi kepada para bendahara sekolah atau yang mewakili terkait dengan pelaksanaan, penatalaksanaan dan meminimalisir kesalahan pembuatan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) keuangan dari digulirkannya dana BOS oleh pemerintah.

“Pertanggungjawaban pengelolaan BOS tahun ini mengacu pada Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis BOS. Juknis pengunaan dana BOS Tahun 2017 disusun dengan tujuan agar pertanggungjawaban keuangan dana BOS dapat dilaksanakan dengan tertib secara administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan” Imbuhnya

TRENDING :  Target Selesai Tinggal 3 Hari Rehab 46 SD di Kudus Dikebut

Secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka pembelajaran yang bermutu, serta berperan dalam mempercepat pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada sekolah yang belum memenuhi SPM, dan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada sekolah yang sudah memenuhi SPM.

TRENDING :  Siswa Prestasi Semangat Untuk Melanjutkan Sekolah, Walau Dengan Kesederhanaan.

“Tujuan khusus BOS pada jenjang pendidikan dasar adalah untuk membebaskan pungutan bagi seluruh siswa di sekolah negeri terhadap biaya operasi sekolah, membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di sekolah negeri maupun swasta dan meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta” jelasnya

TRENDING :  Tunas Persilo Bombardir Phitech FC Setengan Lusin Gol

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Badan Keuangan Daerah serta Inspektorat dari Kabupaten Kudus.

Jadwal Sosialisasi

Senin-Selasa (4-5/12/17), Angkatan pertama terdiri dari SD dan SMP baik negeri maupun swasta diwilayah Kecamatan Bae, Dawe, Gebog.

Rabu-Kamis (6-7/12/17), Angkatan kedua terdiri dari SD dan SMP baik negeri maupun swasta diwilayah Kecamatan Jati, Jekulo, Kaliwungu.

Jum’at-Sabtu (8-9/12/17), Angkatan ketiga terdiri dari SD dan SMP baik negeri maupun swasta diwilayah Kecamatan Kota, Mejobo dan Unda’an. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :