Mencintai Alam Lewat Lomba Seni Susun Batu

oleh
Foto: Pemandangan yang menarik ketika para peserta beradu kreatif menata batu dalam lomba seni keseimbangan batu atau rock balancing. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Rock Balancing atau di Indonesia dikenal dengan seni keseimbangan batu, semakin digemari masyarakat. Hingga di sebuah desa yaitu Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati pun diadakan lomba tersebut, Kamis (10-05-2018) kemarin. Tidak hanya warga setempat, peserta pun berdatangan dari berbagai daerah di Karesidenan Pati.

Panitia lomba Ahmad Masruri mengatakan, seni keseimbangan batu ini di Indonesia sedang jadi trending. Setelah beberapa waktu lalu media internet pernah heboh perkara tumpukan batu yang indah di sebuah sungai di Jawa Barat.

TRENDING :  Kasus Tanah Yang Libatkan Oknum Diknas, Sudah Didaftarkan 3 perkara Di PN Pati

“Kegiatan ini Perlu konsentrasi yang tinggi dan teknik yang tidak sembarangan. Jadi sangat baik untuk anak-anak. Meskipun banyak anak muda dan orang tua yang mengikutinya juga,” jelasnya.

Dalam lomba yang juga untuk menyambut bulan Ramadan tersebut, para peserta diberi waktu selama satu jam lebih untuk menata berbagai jenis batu seindah dan setinggi mungkin. Namun angin yang berhembus lumayan kencang sempat membuat repot para peserta. Terlihat beberapa karya dari peserta harus ambruk karena tertiup angin.

TRENDING :  Tema HUT IBI ke 65 ,"Penguatan Peran Bidan Dalam Pemberdayaan perempuan dan keluarga untuk mendukung pencapaian SDGs"
Foto: Pemandangan yang menarik ketika para peserta beradu kreatif menata batu dalam lomba seni keseimbangan batu atau rock balancing. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

“Banyak tantangannya, apalagi ini pertama kali di Pati ada lomba seperti ini. Angin salah satunya yang menyulitkan,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Sirahan, Sutiyono menambahkan. kegiatan ini juga untuk mengenalkan keindahan alam kepada anak-anak. Sehingga mereka bisa lebih mencintai lingkungan.

“Ini sekaigus pesan mencintai lingkungan. Apalagi sungai di desa kami ini masih bersih. Sehingga harus dijaga kelestariannya,” imbuhnya.

TRENDING :  Bupati Pati Beri Bonus 50 Juta Kepada Nining, Peraih Perunggu di Asian Games

Lomba yang dinilai unik oleh warga setempat itu, berlangsung sangat meriah. Terlebih jika ada peserta yang hasil karyanya tiba-tiba runtuh, sorak sorai penonton pun membuncah. Panitia berencana akan menjadikan lomba Rock Balancing ini sebagai agenda rutin, sehingga bisa lebih mengenalkan suasana alam di Desa Sirahan dan sekitarnya kepada pengunjung dari luar daerah. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :