Mengenang Kembali Sosok Raden Mas Panji Sosrokartono

by
Foto: Raden Mas Panji Sosrokartono, Rabu (31-01-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sependek ingatan, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat sebelum diangkat menjadi Bupati Jepara beliau menikah dengan seorang wanita biasa asal Teluk Awur yang bernama Mas Ajeng Ngasirah.

Dari pernikahan tersebut dikaruniai delapan anak yakni lima orang laki laki dan tiga orang perempuan. Untuk meneruskan darah biru yang dimiliki, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat menikah kembali dengan Raden Ajeng Moerjam yang dikaruniai tiga orang putri.

TRENDING :  Ormas di Kudus Gelar Unjuk Rasa Tuntut Penutupan Karaoke

Pernikahan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dengan Mas Ajeng Ngasirah terlahir sosok-sosok pejuang kemerdekaan yang namanya begitu harum bagi bangsa ini, seperti Sosrokartono dan Kartini.
Raden Mas Panji Sosrokartono atau yang lebih dikenal sebagai Sostrokartono, merupakan anak ke tiga dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dengan Mas Ajeng Ngasirah.

Pria kelahiran Jepara, 10 April 1877 tersebut adalah kakak kandung dari Raden Ajeng Kartini, tokoh emansipasi wanita yang jasanya begitu dikenang oleh bangsa ini. Tak dipungkiri, Sosrokartono merupakan sosok penting di balik perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam menegakkan keadilan bagi wanita Indonesia.

TRENDING :  Ibu Hamil Disarankan Untuk Tidak Konsumsi Kubis, Mengapa?
KOMENTAR SEDULUR ISK :