photogrid_1475834786539_1_1

Mengintip Persiapan Jelang Prosesi Akbar Buka Luwur Makam Sunan Kudus

Kudus, Isknews.com – Keagungan Tanggal 10 Muharram selain karena Nabi Nuh di selamatkan oleh Allah SWT saat terjadinya banjir bandang, pada tanggal tersebut juga pengurus makam Sunan Kudus mengadakan ritual penggantian kain penutup makam Sunan Kudus (luwur). Berbagai persiapanpun sudah terlihat di Area Gedung Ex.Manggala yang berlokasi di Jl.Sunan Kudus Kauman Menara.

Ketua Panitia Buka Luwur H.M.Fatchan Melalui Denny Nur Hakim Koordinator Humas Desain dan Dekorasi Yayasan Masjid Menara dan Makam Menara Sunan Kudus (YM3SK) kepada Isknews.com (6/10/16) menjelaskan bahwa Persiapan yang sudah dilakukan saat ini itu ada dapur (pawon) untuk memasak, 16 pasang dengan jumlah 32 Biji dandang, peralatan lain nya seperti kawah atau kuali yang besar untuk memasak daging, dan tempat untuk mendinginkan nasi, Selain 32 Tukang masak yang akan di libatkan, juga “perewang” dari masyarakat itu sendiri yang bisa sampai 500 orang, bahkan lebih.

Baca Juga :  Hari Santri : Memaknai Kembali Resolusi Jihad NU Pada Perang Kemerdekaan

500 ikat tali agel juga sudah didatangkan, baik ukuran kecil maupun ukuran besar. Dengan jumlah 32 ribu helai tali yan: terbuat dari pelepah pisang.”tandasnya.

Panitia pelaksana Buka Luwur terdiri dari Para pekerja dari masyarakat sekitar menara dan masyarakat di Kudus dan sekitarnya sesuai kemampuan individu dan kapasitasnya yang mumpuni sesuai dengan bidangnya. Seperti halnya Pak Cipto yang ahli dibidang Desain dan Dekorasi.

Baca Juga :  Peringati Hari Santri Nasional, Pemerintah Kabupaten Kudus Gelar Apel Akbar

Peralatannya seperti daun jati untuk saat ini rencana nya didatangkan di daerah atas seperti daerah kecamatan dawe dan Gebog, meskipun begitu, jika tidak mencukupi dan masih kurang maka terpaksa kita datangkan dari purwodadi.

Tim formatur terdiri dari para sesepuh di desa Kauman karena letak geografis Menara Kudus sendiri di Kauman menara, intinya tidak asal menentukan perorangan kepanitiaan nya, melainkan dari segi kemampuan dari masing masing masing individu, bukan dari kuantitas dan kualitas.

Baca Juga :  Subuh ini, Pengajian Tafsir Al-Qur'an di Masjid Menara Kudus Dimulai

Tentang ditanya berapa jumlah hewan yang mau disembelih, maka denny tidak bisa memastikan dan jumlah tersebut nantinya akan kita ketahui saat 10 Muharram, harapannya sendiri acara ini bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan suatu apapun.”Pungkasnya.(AS)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?