Menguak Asal-usul Desa Tlogorejo Tlogowungu Pati.

by
isknews
Foto: Kantor Kepala Desa Tlogorejo. (Wibawa Jarot/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Ada beberapa versi penjelasan dari beberapa sesepuh Desa Tlogorejo, Kecamatan Tlogowungu, Pati. Tentang asal – usul nama Desa Tlogorejo atau yang biasa dikenal warga masyarakat dengan Desa Tlogowung tercipta.

Ada yang menuturkan, Tlogowungu berasal dari kata ‘Tlogo’ dan ‘wungu’. Pasalnya di dalam Balai Desa terdapat telaga dan pohon yang bunganya berwarna wungu, oleh sebab itu nama daerah ini diberi nama dengan sebutan Tlogowungu.

Sedangkan, Ada juga beberapa penduduk yang mengartikan bahwa Tlogorejo itu berasal dari kata ‘tlogo’ dan ‘rejo’ yang mengandung arti sendang yang airnya mengalir terus.

TRENDING :  Minim Anggaran Lapas Pati Berdayakan Warga Binaan

Namun berdasarkan cerita Mbah Wi, warga Desa Tlogorejo mengukapkan, Desa Tlogorejo atau Kacamatan Tlogowungu tercipta pada jaman pemerintahan Adipati Mangun Oneng. Ketika itu Kadipaten Pati Pesantenan mencapai puncak kejayaan, dalam memegang tampuk pemerintahan Sang Adipati, didampingi seorang patih yang cakap dan sakti mandraguna, sehingga dalam sektor keamanan Kadipaten Pati selalu aman dan tentram.

TRENDING :  Umat Buddha Pati Helat Dharma Waisak 2562 BE

Berkat kemakmuran Kadipaten Pati yang gemah ripah loh jinawi, cukup sandang, cukup pangan, serta kearifan dan kebijaksanaan Sang Adipati Mangun Oneng. Bahkan, gaung ketentraman dan keamanan Kadipaten Pati sampai terdengar di Pulau Jawa bagian barat, tepatnya di Serang Banten.

TRENDING :  Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Kodim Laksanakan Karya Bakti Pembersihan Tempat Ibadah

KOMENTAR SEDULUR ISK :