Menguak Asal-usul Desa Tlogorejo Tlogowungu Pati.

by
isknews
Foto: Kantor Kepala Desa Tlogorejo. (Wibawa Jarot/ISKNEWS.COM)

Yang saat itu terjadi perang saudara perebutan kekuasaan. Kerusuhan terjadi dimana-mana. Sehingga banyak kawula alit yang menjadi korban, salah satunya adalah seorang janda miskin dan tiga orang putranya.

Kemakmuran Kadipaten Pati ternyata memikat hati Janda yang bernama Nyai Rujak Beling, untuk mengadu nasip di Pati. dengan mengajak ketiga anaknya yang bernama Ki Tabrani sebagai putra pertama, serta Ki Tambir putra kedua, serta yang ketiga seorang wanita bernama Nyi Surti, mereka menuju Kadipaten Pati menemui Adipati Mangun Oneng, untuk minta izin agar di perbolehkan mengadu nasib hidup di Pati.

Dengan rasa iba, Adipati langsung meberikan mereka tempat di sebelah utara Kadipaten Pati. Mendapati hal tersebut, dengan rasa gembira Nyi Rujak Beling mohon pamit langsung berangkat menuju ke arah utara kota Kadipaten Pati.

TRENDING :  Diduga Loncat Ke Sungai Seorang Laki-Laki Ditemukan Tewas

Sesampainya di tepi hutan, Nyi Rujak Beling duduk bersemedi memohon petunjuk kepada Tuhan Yang Kuasa. Dengan mata batinnya, dia melihat sebuah telaga kecil yang sangat jernih airnya, serta disekelilingnya banyak pohon wungu yang besar.

TRENDING :  Ngintip Cerita Singkat Brandal Lokajaya (Sunan Kalijaga) Dari Teater Bintang Sembilan

KOMENTAR SEDULUR ISK :