Menguak Asal-usul Desa Tlogorejo Tlogowungu Pati.

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kantor Kepala Desa Tlogorejo. (Wibawa Jarot/ISKNEWS.COM)

Lebih lanjut, Ki Tabrani mengejar ular raksasa tersebut yang melarikan diri ke arah barat, dan masuk ke sebuah mata air. Kemudian mata air tersebut ditutup oleh Ki Tabrani. Namun, tiba-tiba air di tempat itu malah meluber dan berubah menjadi sebuah belik atau sendang. Sehingga, oleh Ki Tabrani diberi nama Belik Bunton yang masih ada sampai sekarang.

TRENDING :  BALAI METREOLOGI GELAR SIDANG TERA ULANG TIMBANGAN DAGANG

Kesuburan tanah, lambat laun membuat banyak orang ikut membuka hutan dan bertempat tinggal di Rogowungu yang sudah menjadi Desa. Ki Tambir anak kedua mohon pamit untuk membuka hutan di timur Rogowungu, dan membuat sanggrahan, dan sekarang jadi Desa Sanggrahan.

Nyi Surti tidak mau ketinggalan, dia mohon izin pada ibunya untuk membuka hutan di utara Rogowungu. Cara membabat hutannya Nyi Surti dengan posisi jongkok (Ndekem), sehingga dibuatlah Desa bernama Ndekem, yang sekarang bernama Desa Sumbermulyo, dengan salah satu perdukuhannya bernama Dukuh Ndekem.

TRENDING :  Jelang Puasa Tradisi Bersihkan Makam Masih Kental

Mendengar kabar adiknya hidup makmur di Kadipaten Pati, Kakak kandung Nyi Rujak Beling Ki Rembulanan menyusul dari Serang Banten datang ke Pati, dengan tujuan untuk membuka hutan di sebelah barat Rogowungu, yaitu daerah hutan yang banyak macannya. Anehnya, macan-macan itu ternyata malah bersahabat dengan Ki Rembulanan, sehingga daerah itu diberi nama Kebon Macan sampai sekarang.

TRENDING :  Laka Lantas Kauman, Seorang Pengendara Opname

KOMENTAR SEDULUR ISK :