Menguak Asal-usul Desa Tlogorejo Tlogowungu Pati.

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kantor Kepala Desa Tlogorejo. (Wibawa Jarot/ISKNEWS.COM)

Hingga akhirnya, Manusia tidak ada yang bisa melawan takdir. Satu persatu tokoh-tokoh itu dipanggil Yang Kuasa. Tinggal Nyi Sumirah, istri Ki Tabrani hidup seorang diri. Jin Rantang Sari dan Rantang Kuning yang setia dengan janjinya akan tetap mengabdi pada keluarga Nyi Rujak Beling. Keduanya menunggalkan raga masuk ke raga Raden Ayu Sumirah. Hingga Raden Ayu Sumirah melakukan moksa seketika, dan rakyat Rogowungu percaya Nyai Sumirah menjadi dayang Desa Rogowungu yang sekarang menjadi Desa Tlogowungu.

TRENDING :  Revitalisasi Pasar Rogowongso Rampung Desember

Kesimpulan dari kisah tersebut, dimungkinkan perubahan nama dari Rogowungu ke Tlogowungu masih belum ada yang dapat menjelaskan sacara pasti. Setiap perubahan dan setiap bulan Jawa Apit, selalu diadakan bersih desa dengan tujuan Desa Tlogorejo selalu dijauhkan dari malapetaka, pagebluk dan bencana alam.

Dalam versi lain, nama Tlogowungu berasal dari kata ‘Tlogo’ dan ‘wungu’, di desa terdapat telaga yang dikelilingi pohon yang bunganya berwarna wungu, oleh sebab itu nama daerah ini diberi nama dengan sebutan Tlogowungu.

TRENDING :  Tak Kuat Berenang, Seorang Pemancing Ditemukan Meninggal di Dasar Sungai Silugonggo

Sedangkan untuk nama Tlogorejo sendiri, masih banyak yang mempertanyakan, dari kapan sebenarnya penyebutan desa yang dulu disebut dengan Rogowungu tersebut. Ada juga beberapa penduduk yang mengartikan bahwa, Tlogorejo itu berasal dari kata ‘tlogo’ dan ‘rejo’ yang mengandung arti sendang, yang airnya mengalir terus. (WJ/RM)

TRENDING :  Prestasi Guru Akan Berdampak Pada Anak Didiknya

KOMENTAR SEDULUR ISK :